Rekrutmen CPNS 2013 di Jembrana BUPATI ARTHA : HARUS TRANSPARAN JANGAN JADI CALO

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Pemkab Jembrana kebagian juga jatah perekrutan CPNS Tahun 2013, meski jumlahnya jauh dari harapan. Tahun 2013 ini Kabupaten Jembrana hanya mendapat jatah 35 CPNS dari lima ratusan CPNS yang diusulkan ke MenPAN RB ( Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Ke 35 CPNS tersebut nantinya diformasikan untuk mengisi kekurangan guru di sekolah-sekolah.

Rekrutmen CPNS ini tidak jarang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan pribadi, dengan cara mendekati pelamar dan mengiming-imingi kelulusan test dengan syarat memberikan bayaran. Benar apa tidak, namun kondisi ini nampaknya sudah menjadi konsumsi publik.

Bupati Jembrana I Putu Artha Jumat (13/9) lalu mengungkapkan, Tahun 2013 ini Pemkab Jembrana hanya mendapat jatah 35orang dengan formasi guru. Rekrutmen CPNS tahun 2013 ini bahkan sudah diumumkan secara terbuka kepada masyarakat baik melalui media informasi yang dimiliki Pemkab Jembrana maupun media cetak maupun elektronik seperti website Pemkab Jembrana yaitu www.jembranakab.go.id. Bupati Artha kembali menegaskan, perekrutan CPNS Tahun 2013 harus transparan dan obyketif supaya benar-benar mendapatkan sumberdaya manusia yang berkualitas terutama di dunia pendidikan. “ Jangan sampai para pelamar dihasut dan di iming-imingi oknum yang tidak bertanggungjawab, apalagi sampai diminta bayaran, itu tidak boleh terjadi “ tegas Artha. Ia juga meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jembrana supaya terbuka dan obyektif serta tidak menerima titipan dari siapapun termasuk Bupati. “ Saya minta perekrutan CPNS Tahun 2013 ini benar-benar harus murni, tidak ada titipan, sogokan dan tekanan. Jangan sampai BKD malah jadi calo “ ujar Bupati Artha.

Secara umum CPNS Tahun 2013 ini mensyaratkan bagi pelamar dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 2,75. Bagi yang berusia 35 sampai 40 tahun diwajibkan melampirkan SK pengangkatan pertama sampai dengan terakhir pada instansi / lembaganya. Formasi yang diperlukan adalah Guru Kelas dengan kualifikasi pendidikan S1 PGSD. Lamaran diajukan langsung ke Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jembrana yang lokasinya satu area dengan Kantor Bupati Jembrana. Pengajuan lamaran akan ditutup pada tanggal 28 September 2013. (02.hmj)

Kembali