PRAMUKA JEMBRANA LAKUKAN AKSI SOSIAL DI GILIMANUK

Pramuka memiliki kode etik Dasa Darma, dalam darmanya yang kedua disebut Pramuka itu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Minggu (28/6) pagi Pramuka Jembrana bersama masyarakat mengimplementasikan darma kedua tersebut dengan melakukan aksi bersih lingkungan dan pemberian paket kebutuhan rumah tangga kepada keluarga miskin di Lingkungan Arum Timur Kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya.

Aksi sosial ini dilakukan secara gotong royong oleh ratusan Pramuka Penegak dan Pramuka Penggalang yang ada di wilayah Kwartir Ranting Melaya bersama ratusan masyarakat Lingkungan Arum Timur dan sejumlah karyawan Balai Taman Nasional Bali Barat. Sampah-sampah dedaunan dan plastik di sekitar lingkungan Arum Timur dibersihkan dan dikumpulkan dengan kantong sampah kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) selanjutnya diangkut dengan Truk Sampah Kantor LHKP Jembrana.

Selain itu Pramuka Jembrana juga menunjukkan kepeduliannya terhadap keluarga kurang mampu di Kelurahan Gilimanuk, dengan memberikan bantuan paket kebutuhan rumah tangga seperti beras, telor, minyak goreng, mi instan, alat tulis dan pakaian layak pakai, kepada 22 KK miskin di Lingkungan Arum Timur, Gilimanuk.

Aksi sosial ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta bersama sejumlah Kepala SKPD Pemprov Bali, Kakwarda Bali I Ketut Wija dan Sekretaris Kwarcab Jembrana Ida Bagus Surya Putra, Camat Melaya I Putu Eka Swarnama dan Lurah Gilimanuk Gede Ngurah Widiada. Mewakili Kakwarcab Jembrana I Made Kembang Hartawan, Seskwarcab Jembrana Surya Putra menjelaskan, aksi sosial yang dilakukannya ini selain mendukung Program Bali Clean and Green juga sebagai bentuk implementasi dari kode etik pramuka yaitu darma yang kedua. Paket kebutuhan rumah tangga yang diberikan kepada KK Miskin bersumber dari sumbangan sukarela Pramuka se-Jembrana melalui Gugusdepan. Surya menambahkan pada Sabtu malam pihaknya juga menyerahkan bantuan paket yang sama kepada 20 KK Miskin di Banjar Tibusambi Desa Yehembang Kangin. “ Saat ini kami masih punya 50 paket kebutuhan rumah tangga yang siap diberikan kepada KK Miskin “ kata Surya.

Sementara itu Wagub Bali Sudikerta yang mengaku aktif sebagai Pramuka ikut serta melakukan aksi bersih lingkungan dan menyerahkan bantuan paket kebutuhan rumah tangga sumbangan Pramuka Jembrana ke rumah-rumah KK Miskin. “ Program Bali Clean and Green harus kita gelorakan terus untuk menciptakan Jembrana dan Bali yang bersih dan hijau, sebab dengan bersih kita akan menjadi sehat, kalau sudah sehat berarti kita mampu bekerja dan cari uang “ pungkas Sudikerta. (02.hmj). / IT Jembrana

Kembali