Lomba layang-layang HUT ke 120 Kota Negara

Lomba layang-layang memperingati HUT ke 120 Kota Negara dan HUT Proklamasi Republik Indonesia ke 70 kembali dilaksanakan Minggu (2/8) di Areal Persawahan Subak Yehembang Desa Yehembang Kanging Kecamatan Mendoyo. Bupati Jembrana I Putu Artha pun ikut bermain layangan dengan menerbangkan layangan berbentuk naga bersayap yang diberi nama Naga Sakti asal Desa Dangintukadaya Kecamatan Jembrana.

Sebanyak 85 layangan mengikuti ajang lomba layang-layang yang digelar setiap tahun dalam memperingati perayaan Ulang Tahun Kota Negara, yang dibagi menjadi dua kategori yaitu layangan kreasi dan layang bebean (ikan-ikanan). Ketua Panitia I Made Tarma menyebutkan untuk layangan kreasi yang mengikuti lomba sebanyak 15 layangan sedangan layangan bebean sebanyak 70 layangan. Tarma menambahkan, lomba layangan ini bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya layangan yang sudah ada sejak lama. “ Selain itu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkreatifitas dalam membuat layangan “ kata Tarma.

Layangan Naga Sakti yang dterbangkan Bupati Artha mampu terbang dengan baik meskipun terhambat oleh angin yang kurang kencang. Selain itu layangan Naga Sakti nampak berat sehingga terbangnya tidak sempurna. Meski begitu Bupati Artha tetap bersemangat menarik tali layangan dibantu tim pemilik layangan dan berhasil terbang dengan baik. Selain Bupati Artha, Anggota DPRD Jembrana Sri Sutharmi, Camat Mendoyo Komang Agus Adinata juga ikut menerbangkan layangan kreasi.

Bupati Artha mengatakan, bermain layangan sejatinya sudah merupakan tradisi yang ada sejak kita masih anak-anak. Ketika musim panen di sawah sudah selesai maka anak-anak memanfaatkan areal persawahan untuk bermain layangan dan layangannya dibuat sendiri oleh anak-anak. “ Hal ini harus kita lestarikan dan untuk memotivasinya setiap tahun kita laksanakan perlombaan agar tradisi ini tidak punah dan generasi berikutnya masih mengetahui tradisi ini “ kata Artha. Ia menambahkan, tahun depan jenis layangan akan ditambah dengan kategori layangan makorot (adu kekuatan tali). Tidak itu saja Bupati Artha juga akan menambah anggaran untuk hadiah peserta.

Dalam perlombaan layangan tersebut, untuk kategori Kreasi juara pertama diraih oleh layangan Tetep Makenyem, juara kedua layangan Naga Sakti, juara ketiga layangan Glebeg dan juara keempat layangan Kuda Vegasus. Sedangan kategori layangan Bebean, juara pertama diraih oleh Tim Kebes asal Yehembang Kauh, juara kedua Tim Nyawan Ugug dari Penyaringan, juara ketiga diraih oleh Tim Purbawisesa asal Penyaringan. Jumlah total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp. 9,4 juta. (02.hmj) IT Jembrana

KEGIATAN HUT KE 120 KOTA NEGARA
Senin, 3 Agustus 2015
Pk.08.00 Pertandingan Tenis lapangan di Lapangan Tenis Pecangakan
Pk. 10.00 Pertandingan Futsal antar Pelajar di GOR Krsna Jvara

Selasa, 4 Agustus 2015
Pk.08.00 Pertandingan Tenis lapangan di Lapangan Tenis Pecangakan
Pk. 08.00 Pertandingan Sepak Bola Mini di Lapangan Taman Pecangakan
Pk. 10.00 Pertandingan Futsal antar Pelajar di GOR Krsna Jvara

Kembali