PEMKAB JEMBRANA GELAR FESTIVAL RUANG TERBUKA HIJAU

Jembrana memperoleh kesempatan sebagai satu – satunya kabupaten di Bali sebagai pilot project Program Pengembangan Kota Hijau. Penetapan program tersebut dilakukan di Jakarta pada tanggal 6 November 2014 lalu. Salah satu cara mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa program tersebut tidak hanya milik pemerintah, Pemkab Jembrana menggelar Festival Ruang Terbuka Hijau. Festival Ruang Terbuka Hijau diselenggarakan di Gedung Kesenian Dr. Ir. Soekarno kemarin (4/12) dan dibuka oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, di saksikan oleh wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan, Kepala Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Penataan Bangunan Provinsi Bali, dan Kepala – Kepala SKPD Pemkab Jembrana.

Menurut Kepala Kantor LHKP (Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Pertamanan) Wayan Darwin, melalui festival ini diharapkan mampu untuk memberikan satu ilustrasi bahwa pelestarian lingkungan dan juga pengembangan kota yang ramah lingkungan bukan hanya tugas satu pihak saja namun bagaimana keterlibatan masyarakat didalamnya memberi sebuah arti penting.” Pada festival kali ini digelar penanaman pohon oleh Bupati, Wakil dan Kepala SKPD. Kemudian berbagai lomba seperti lomba lukis, mewarnai, fashion show dengan bahan daur ulang, pameran kerajinan dari bahan daur ulang dan juga hiburan untuk masyarakat.” kata Darwin.

Sementara itu Bupati Artha dalam sambutannya mengatakan dengan pencapaian Jembrana sebagai pilot project ini secara tidak langsung menepis anggapan – anggapan bahwa Kabupaten Jembrana terlalu arogan terhadap masalah – masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup, kebersihan dan pelestarian lingkungan secara umum.

Kedepan Bupati Artha berharap makin banyak dukungan dari pemerintah pusat khususnya Kementrian PU dan Perumahan Rakyat untuk bisa membantu Jembrana menjadi kota yang ramah lingkungan dan mampu mensinergikan lingkungan alam dan sekitarnya. “Selain sebagai kota yang ramah lingkungan Pemkab Jembrana juga berkomitmen untuk menata ruang terbuka hijau lebih banyak untuk masyarakat. Salah satunya dengan penandatanganan MOU beberapa waktu lalu untuk pembangunan kebun raya daerah bekerjasama dengan LIPI” pungkas Artha. (adi.hmj)

Kembali