POSYANDU YEHEMBANG DINILAI PUSAT

Pos Pelayanan Terpadu alias Posyandu Werdhi Bhakti yang ada di Desa Yehembang Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana Santu (16/4) pagi dinilai oleh Tim Penilai Pusat yang diketuai oleh Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Pusat, Laksmi Widiastuti.

Terpilihnya Posyandu Werdhi Bhakti Yehembang sebagai duta Bali di ajang Lomba Posyandu Tingkat Nasional tidak terlepas dari usaha dan kerja keras masyarakat serta kader Posyandu Desa Yehembang, khususnya di Dusun Kaleran dibawah pimpinan Ketua TP PKK Desa Yehembang Sri Sutharmi. Sri Sutharmi mengungkapkan, posyandu Werdhi Bhakti memiliki beragam kegiatan, seperti Bimbingan Teknis, penyegaran kader, pelacakan dan merujuk balita gizi buruk ke rumah-rumah, kegiatan untuk lanjut usia termasuk Keluarga Berencana dan Pendidikan Anak Usia Dini. Selain itu, aktifitas penimbangan bayi di Posyandu meningkat dari 82,5% tahun 2014 menjadi 86,72% tahun 2015.

Bupati Jembrana I Putu Artha yang hadir menerima rombongan Tim Penilai Pusat mengatakan, lomba tingkat nasional ini akan menjadi pengalaman berharga yang dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan. “ Saya berharap setelah lomba, tetap bersemangat untuk melaksanakan kegiatan posyandu dengan mendorong prakarsa, partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Yehembang secara berkesinambungan “ kata Artha.

Sementara itu Laksmi Widiastuti memberikan apresiasi atas sambutan dan semangat masyarakat Desa Yehembang. Menurutnya, sudah masuk sebagai nominasi nasional itu sangat bagus, karena hal itu tidak mudah. “ Posyandu disini (Yehembang) harus bisa berkembang dan berinovasi sehingga menjadi contoh bagi posyandu yang ada di Bali “ uajr Laksmi. Diungkapkannya beberapa hal yang akan menjadi penilaian adalah kegiatan penimbangang bayi, imunisasi dasar, kehadiran kader dan inovasi posyandu.

Penilaian tersebut juga dihadiri TP.PKK Provinsi Bali, Ketua TP.PKK Kabupaten Jembrana Ari Sugianti dan Wakilnya Ani Setiawarini Kembang, Wakapolres Jembrana Kompol Anak Agung Rai Laba, sejumlah pejabat dan kepala SKPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Penulis dan Photografer : Gede Adisuta
Ediotr : Surya Putra

Kembali