KEMBANG BERSAMA KFJ BAGI-BAGI TAS GRATIS

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bersama Komunitas Fotografi Jembrana (KFJ) Jumat (22/4) pagi membagi-bagikan tas kain secara gratis kepada masyarakat yang akan berbelanja di Pasar Umum Negara. Pembagian tas kain yang oleh KFJ diberi nama GodieBag secara cuma-cuma ini mendapat sambutan hangat pengunjung pasar.

Ketika Wabup Kembang yang langsung membagikan tas belanja tersebut di depan pintu masuk Pasar Umum Negara, para pengunjung pasar berebut untuk mendapatkan GodieBag tersebut. Sambil membagi-bagikan, Wabup Kembang berpesan kepada pengunjung pasar untuk mengganti tas plastik dengan tas kain yang dibagikannya. “ Nanti jangan lagi pakai tas plastik, pakai tas ini untuk menyimpan barang yang dibeli “ kata Kembang kepada pengunjung pasar.

Dalam waktu kurang dari 30 menit, 200an GodieBag yang dibuat secara swadaya oleh anggota KFJ, ludes diambil pengunjung. Bahkan sejumlah pengunjung yang baru masuk pasar, maupun yang keluar pasar tidak kebagian GodieBag. Hingga mereka menanyakan kapan lagi ada pembagian tas gratis.

Wabup Kembang menyebutkan, pihaknya sangat berterima kasih dengan kepedulian anak-anak muda yang tergabung dalam KFJ terhadap lingkungan. Sebab penggunaan plastik sangat berbahaya dan mencemari lingkungan, karena sampah plastic tidak bisa busuk. Selain itu menurut Kembang sampah kantong plastik yang yang digenangi air menjadi sarang nyamuk aedes aigypti yang menyebabkan demam berdarah. “ Saya harap masyarakat makin sadar untuk mengurangi penggunaan plastik dan mengganti dengan tas kain dan tas lainnya yang ramah lingkungan “ kata Kembang. Kegiatan KFJ ini diharapkan menginspirasi komunitas dan organisasi lainnya untuk melakukan kepedulian terhadap lingkungan dan mendukung program pemerintah.

Sementara itu Ketua KFJ Deo Dharma menyebutkan, GodieBag yang dibagikan secara gratis tersebut dibuat secara swadaya oleh anggota KFJ. “ Kami tidak menghitung berapa harganya, karena dibuat secara swadaya “ kata Deo. Ia berharap GodieBag tersebut dapat mengurangi penggunaan tas plastik oleh masyarakat. (hmj)

Penulis & Photografer : Angga
Editor : Surya

Kembali