BUPATI ARTHA LAUNCHING EMPAT LAYANAN ONLINE

Menjelang 100 hari kinerjanya dalam periode kedua masa bhakti 2016 – 2021, yang akan jatuh pada tanggal 26 Mei 2016, Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wakilnya I Made Kembang Hartawan Jumat (20/5) lalu me-launching empat layanan masyarakat yang diterapkan secara online di Desa Baluk Kecamatan Negara. Pelayanan ini sejalan dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana yang terintegrasi secara menyeluruh di setiap kabupaten / kota di Bali.
Keempat layanan masyarakat yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang dilaunching tersebut adalah Website Desa, Akte Kelahiran Online, Pelayanan KIR Online dan Mapping KK Miskin Online. Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Jembrana I Nengah Ledang, website desa merupakan bagian dari pengembangan sistem informasi desa. Sebanyak 41 desa diwajibkan memiliki website untuk membuka informasi dan mempublikasikan potensi desanya masing-masing. Anggarannya bersumber dari APBDesa masing-masing.
Untuk mempermudah dan mempercepat layanan administrasi kependudukan khususnya bagi ibu-ibu yang melahirkan, Bupati Artha meluncurkan pelayanan Akte Kelahiran secara Online yang langsung dilakukan di RSUD Negara dan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana.
Pelayanan online lainnya yang diluncurkan Bupati Artha adalah pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor alias KIR online yang secara teknis dikelola oleh Dinas Hubkominfo Kabupaten Jembrana. Peluncuran KIR online ini dilatarbelakangi oleh panjangnya mekanisme pendaftaran hingga prose cek fisik kendaraan termasuk jarak ke Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu yang cukup jauh mencapai 7 Km, sehingga dengan sistem online akan mempercepat, mempermudah dan hemat biaya.
Sedangkan Mapping KK Miskin Online diluncurkan Bupati Artha untuk mengetahui secara detail profile KK Miskin seperti nama, alamat dan kondisi tempat tinggalnya, dengan cukup membuka sistem yang dibuat secara online. Dengan mengetahui kondisi yang sebenarnya maka akan lebih mudah menanganinya.
Bupati Artha menegaskan, peluncuran pelayanan masyarakat secara online ini wajib diketahui oleh masyarakat, bagaimana cara memanfaatkan teknologi ini. Website desa menurutnya sangat penting untuk menginformasikan potensi sumberdaya yang ada di desa seperti pertanian, pariwisata dan lainnya. “ Jadi yang memerlukan data desa, tidak perlu lagi datang ke desa, cukup membuka websitenya saja “ kata Artha. Ia berharap layanan online lainnya disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat tahu bagaimana mekanismenya.
Kadis Hubkominfo Kabupaten Jembrana Gusti Bagus Putra Riyadi menyebutkan, untuk website desa dapat diakses melalui situs www.jembranabali.com, sedangkan untuk mengakses layanan KIR online melalui situs www.sim-pkb.jembranakab.go.id. Dengan sistem online diyakini pelayanan masyarakat akan lebih cepat, mudah dan transparan. (hmj)
Peliput : Juliharta dan Angga
Editor : Surya Putra.

Kembali