AKN JEMBRANA GELAR WISUDA II BUPATI ARTHA DORONG WISUDAWAN JADI ENTERPRENUER MUDA

Program study Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Bali rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Jembrana menggelar wisuda II Kamis ( 25/8) siang di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana. Sebanyak 166 mahasiwa diploma I di wisuda Direktur Politeknik Negeri Bali Made Mudhina disaksikan jajaran Politeknik Negeri Bali, termasuk Bupati Jembrana I Putu Artha, Ketua DPRD Kabupaten Jembrana I Ketut Sugiasa dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jembrana.

Dalam sambutannya Bupati Artha mendorong wisudawan untuk menjadi enterprenuer – enterprenuer muda yang mampu berkreasi nyata dalam membangun pariwisata. “ Saat ini kita membutuhkan generasi muda yang inovatif dan kreatif, sumbangkan segala ilmu dan keterampilan yang diperoleh, jadilah enterprenuer-enterorenuer muda yang mampu berkreasi nyata demi terwujudnya impian Jembrana sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan di Indonesia maupun mancanegara “ kata Bupati Artha.

Menurutnya, di era global saat ini kompetisi kepariwisataan makin ketat yang menuntut kesadaran untuk terus belajar. Untuk itu Bupati Artha meminta wisudawan memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas diri agar tidak tersisih dari globalisasi. Seperti diketahui, saat ini Pemkab Jembrana tengah fokus membangun dan mengembangkan sektor pariwisata. Berbagai sarana penunjang pariwisata sudah dan sedang dibangun di sejumlah obyek wisata, untuk menciptakan destinasi wisata, seperti misalnya Kawasan Teluk Gilimanuk, Rambutsiwi, Rest Area Pengeragoan. Kebun Raya Jagatnata termasuk potensi wisata Gelar, Bunut Bolong dan Air terjun Juwuk Manis. Artha mengajak wisudawan untuk berperan aktif dalam upaya mengembangkan kepariwisataan di Jembrana.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Bali Made Mudhina menyebutkan, Akademi Komunitas merupakan mandat dari Pemerintah untuk yang dipersiapkan menjadi Perguruan Tinggi, sebagai upaya nyata memperluas kesempatan masyarakat mengenyam pendidikan tinggi. “ Apabila sudah siap dan ijinnya turun, akan dilepas menjadi perguruan tinggi atau politeknik “ terang Mudhina. Ia juga mengungkapkan, saat ini selain Jembrana, Akademi Komunitas juga sudah berdiri di Kabupaten Gianyar, Lombok dan Sulawesi Selatan. Di Jembrana jumlah peminatnya terus mengalami peningkatan. “ Meskipun gelarnya Diploma 1 tapi wisudawan ini sudah dididik untuk siap bekerja di dunia pariwisata “ tegas Mudhina.

PDD Politeknik Bali rintisan Akademi Komunitas Negeri Jembrana saat ini memiliki 3 (tiga) Program Pendidikan (Prodi) yaitu, kantor depan, tata hidangan dan tatagraha. Dari 166 mahasiswa yang diwisuda, 20 wisudawan lulusan Prodi kantor depan, 79 prodi tata hidangan dan 67 prodi tatagraha. Mahasiswa yang memperoleh prestasi tertinggi diraih oleh Wayan Surya Permana dengan IPK 3,95. (abhi. hmj)


Kembali