BIMBINGAN TEKNIS PKK SE- KABUPATEN JEMBRANA TAHUN 2016

09 Agu 2016 Posted By: pmd (dilihat 31548 kali)



Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga terhadap masyarakat, membutuhkan suatu wadah atau tempat yang memberikan pelayanan secara tepat dan murah serta mampu menjawab berbagai permasalahan sosial dasar masyarakat. Wadah atau tempat tersebut diharapkan tidak terpisah, yang menyebabkan sulitnya pengkoordinasian dan timbulnya ego sector dalam pelaksanaan program dan kegiatan baik di Desa/Kelurahan, Kecamatan maupun di Kabupaten.
Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga merupakan lembaga kemasyarakatan disingkat PKK yang tumbuh dan berkembang melalui prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, PKK diharapkan sebagai wadah yang mampu memberikan pelayanan pengetahuan sosial dasar kepada masyarakat karena Tim Penggerak PKK merupakan fasilitator, perencana, pelaksana, pengendalian dan penggerak pada masing-masing tingkat pemerintahan untuk terlaksananya program PKK.
Dalam Bintek PKK se-Kabupaten Jembrana ini diarahkan pemahaman dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK yang merupakan upaya pemenuhan kebutuhan Dasar untuk terwujudnya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Pemberdayaan Masyarakat melalui gerakan PKK merupakan upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berimam dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.
Kita ketahui bersama, bahwa Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mendukung agenda Pemerintah. Keberadaan Tim Penggerak PKK menjadi sangat penting dan strategis ketika pelayanan yang diberikan mendapat simpati dari masyarakat yang pada akhirnya akan memberikan implikasi positif terhadap kepedulian dan partisipasi masyarakat. Tim Penggerak PKK merupakan penggerak utama kelancaran di dalam mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat, untuk itu Tim Penggerak PKK perlu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan melalui Bimbingan Teknis. Untuk mendukung dan mewujudkan hal tersebut, melalui Bintek ini diharapkan kepada seluruh Jajaran Tim Penggerak PKK untuk betul-betul meningkatkan Penyuluhan-penyuluhan baik yang sifatnya umum maupun pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, serta kegiatan pendidikan sikap mental khususnya bagi anak dan remaja, penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga dan trafficking/perdagangan anak. Tingkatkan dan kembangkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dalam pelaksanaannya yang dapat diintegrasikan dengan kegiatan BKB dan Posyandu dan juga perlu diperhatikan peningkatan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, Pemahaman tentang Pangan beragam, bergizi dan berimbang, serta disebarluaskan pengertian ” Hatinya PKK” terhadap seluruh elemen masyarakat baik di perdesaan maupun di perkotaan, dan diharapkan pula Tim Penggerak PKK yang hadir agar dapat mengikuti Bimtek ini dengan sungguh-sungguh guna menjadi bekal mengabdi kepada masyarakat.

Kembali