PENUTUPAN TMMD KE 97 DI DESA GUBRIH KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA

26 Okt 2016 Posted By: pmd (dilihat 20428 kali)



Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) merupakan Program Lintas Sektor yang melibatkan TNI/POLRI, Lembaga Kementerian, Lembag Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat di wilayah kegiatan TMMD untuk mendorong percepatan Pembangunan di Perdesaan dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan TMMD akan terjalin Interaksi Sosial Masyarakat dalam bergotong royong dan berpartisipasi dalam pembangunan.
Program TMMD di wilayah Kodim 1617/Jembrana dilaksanakan 2 ( dua ) tahun sekali.

Pelaksanaaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke 97 Tahun 2016 di Wilayah Kodim 1617/Jembrana telah sukses dilaksnakan.
Upacara Penutupan dilaksanakan di lapangan Desa Gumbrih pada hari rabu, 19 Oktober 2016. Kepala Staf Angkatan Darat ( Jenderal TNI Mulyono ) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Kodam IX Udayana selaku Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat dan memperdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah. Untuk itu Kasad berharap pelihara kebersamaan dan semangat gotong –royong yang sudah terbina dengan baik serta pelihara hasil program TMMD, agar usia pakainya lama dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.
Pada Upacara penutupan hasil pelaksanaan TMMD ke 97 Tahun 2016 diserah terimakan secara resmi oleh Kasdam IX Udayana kepada Bupati Jembrana, selanjutnya, Kasdam IX Udayana, Bupati Jembrana dan Undangan lainnya menuju lokasi sasaran. Dilokasi sasaran Bupati Jembrana didampingi Kasdam IX Udayana dan disaksikan oleh seluruh undangan TNI dan masyarakat menanda tangani Prasasti Jembatan dan melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian Jembatan. Rangkaian upacara penutupan TMMD ke 97 Tahun 2016 Kabupaten Jembrana selesai diakhiri dengan santap siang bersama.
Sebagai informasi kepada masyarakat luas, bahwa kegiatan TMMD ke 97 Tahun 2016 di Wilayah Kodim 1617/Jembrana secara resmi dilaksanakan selama 30 ( tiga puluh ) hari dengan sasaran fisik dan Non Fisik.
Sebagai sasaran pokok fisik adalah pembangunan jembatan diatas sungai Gumbrih dengan ukuran panjang 20 meter, lebar 3,5 meter dan tinggi 5 meter yang menghubungkan Dusun Serong, Desa Gumbrih dengan Dusun Pengeragoan Dauh Tukad,Desa Pengeragoan, dengan biaya 1 Milyar, bersumber APBD Kabupaten Jembrana Tahun 2016 berupa Dana Hibah Pemerintah Kabupaten Jembrana kepada Kodim 1617/Jembrana.
Disamping sasaran pokok ada sasaran tambahan yang dilaksanakan diantaranya :
1. Pembuatan jalan menuju jembatan sepanjang 200 meter dengan lebar 6 meter
2. Bedah rumah /rehab rumah 2 unit
3. Jambanisasi untuk masyarakat miskin 10 unit
Kegiatan Non Fisik yang dilaksanakan
- Penyuluhan tentang Proxy War dari Kodim 1617/Jembrana
- Penyuluhan tentang Tata Tertib berlalu lintas dari Polres Jembrana
- Penyuluhan tentang Perlindungan Ibu dan anak dari Kakan PP dan KB Kabupaten Jembrana
- Penyuluhan tentang Peternakan kambing Dinas Peternakan Kabupaten Jembrana
- Penyuluhan tentang Administrasi Kependudukan dari Dinas Dukcapil Kabupaten Jembrana
- Penyuluhan tentang Lebah Dinas Kehutanan Kabupaten Jembrana
- Penyuluhan tentang Penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana
- Penyuluhan tentang Tanaman Kakao dan Cengkeh Dishut Kabupaten Jembrana
- Pengobatan Gratis dari Instant Healing Community Jakarta
- Hiburan Rakyat.

Kembali