Peer Learning Meeting(PLM) Nasional 2016

21 Nov 2016 Posted By: pad (dilihat 46511 kali)



Kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) 2016 Program PerpuSeru yang dilaksanakan Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan didukung oleh
Bill & Mellinda Gates Foundation (BMGF),yang dilaksanakan pada tanggal 14-18 November 2016 bertempat di Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran Jl H Benyamin Sueb Kav B6 - Superblok Mega Kemayoran - Kota Baru Bandar,Kemayoran 10610 Jakarta Pusat sebagai berikut :
Saat ini, Program PerpuSeru telah diimplementasikan di 101 Perpustakaan Kabupaten/ Kota dan 233 Perpustakaan Desa/Kelurahan/TBM di 18 Propinsi di seluruh Indonesia tujuan utama untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.
Dalam perkembangannya, sudah banyak penambahan layanan di perpustakaan yang memberikan manfaat nyata kepada masyarakat dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan kepada pengembangan daerah. Setiap perpustakaan juga menerapkan strategi dan inovasi yang beragam sesuai dengan konteks lokal dan kebutuhan masyarakat setempat, dan untuk memperkuat kapasitas perpustakaan, Program PerpuSeru yang dilaksanakan Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan didukung oleh Bill & Mellinda Gates Foundation (BMGF), sejak November 2011, telah berhasil mendorong perpustakaan umum mitra program menjadi pusat belajar masyarakat yang memberikan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Peer Learning Meeting (PLM) 2016 ini mengambil tema:”Perpustakaan Berinovasi untuk masyarakat Indonesia”,dengan tujuan :
1. Berbagi strategi sukses dan pencapaian perpustakaan dalam pelaksanaaan advokasi,peningkatan layanan komputer & internet,dan kegiatan pelibatan masyarakat.
2. Berbagi pengalaman yang memotivasi dan menginspirasi dari perpustakaan daerah yang sudah mengembangkan program Perpuseru ke perpustakaan desa/kelurahan dengan dukungan anggaran dari APBD dan kemitraan lainya.
3. Membangun komitmen untuk berkelanjutan dan replikasi program Perpuseru disetiap daerah.
4. Mendorong inovasi perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanan.
Hadir dalam kegiatan tersebut Prof DR. Haryono Suyono M.Phd, (mantan menteri Mentrans dan Taskin), DR. Fajar. MA (Kementrian Desa) Drs. Syarif Bando.MM (kepala Perpusnas) Ibu Erlin Sulistiyanigsih (Dir Program Perpuseru) Ibu Titi Sadarini (Direktur Coca cola foundation Indonesia),Kementrian Dalam Negeri,Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, para kepala Daerah dari 83 kabupaten/kota di Indonesia.
Bapak Bupati Jembrana Mendapat Penghargaan dari Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan didukung oleh Bill & Mellinda Gates Foundation (BMGF) dalam program perpuseru “DALAM MEMBANGUN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI TRASPORMASI PERPUSTAKAAN”
Pada kesempatan ini Perpusda Jembrana juga membawa hasil pemustaka menjadi impact dalam kegiatan perpuseru.Bapak I Made Suarnayasa (Dek No) yang dikenal sebagai Pangeran Sampah bisa berbagi pengalaman diPLM Nasional Perpuseru diJakarta.Dan juga mengisi acara pada kelas A untuk testimoni pengembangan perpustakaan.

Kembali