PELAKSANAAN : BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT ( BBRGM ) XIV TAHUN 2017 DI KABUPATEN JEMBRANA

21 Jun 2017 Posted By: pmd (dilihat 6777 kali)



Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBRGM ) adalah salah satu Program Nasional dalam Pemberdayaan Masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Bulan Mei, diseluruh Wilayah NKRI dan merupakan wahana pelestarian nilai-nilai gotong royong sebagai bagian dari Budaya Bangsa.

Gotong royong adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai Bidang Pembangunan yang diarahkan pada penguatan Persatuan dan Kesatuan serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan.
Sedangkan BBRGM adalah salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai gotong royong melalui peningkatan Partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Permendagri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBRGM ) mengamanatkan bahwa kegiatan ( BBRGM ) wajib dilaksanakan disetiap Desa dan Kelurahan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) selama 1 ( satu ) bulan penuh di Bulan Mei setiap tahun, dengan perinsip dari oleh dan untuk masyarakat dengan melibatkan semua Eleman Masyarakat.

Pelaksanaan BBRGM XIV Tahun 2017 di Kabupaten Jembrana dengan berbagai kegiatan yang mengkolaborasikan/ mensinergikan program kegiatan lintas OPD, yang diawali dengan upacara Pencanangannya oleh Bupati Jembrana pada hari Jumat, 13 Mei 2017 di Lapangan Desa Nusasari Kecamatan Melaya, dihadiri oleh Anggota DPRD, Forum Pimpinan Daerah, Sekda, Asisten Sekda, para Kepala Dinas/Badan/ Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Sedangkan untuk upacara Penutupannya dilasanakan di Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, pada hari Rabu, 31 Mei 2017 oleh Bapak Bupati Jembrana diawali dengan Gotong royong bersama Pejabat Pemerintah Kabupaten Jembrana, Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) dan Masyarakat.


Kembali