Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Jembrana
Info Publik

Pojok It

INVESTASI

PESAN SINGKAT

info diklat Kawasan Tanpa Rokok P3SLH
Pelayanan Perizinan

Kalau di daerah lain dikenal Pelayanan Satu Atap, di Kabupaten Jembrana bahkan dipersempit menjadi Pelayanan Satu Loket. Adanya Pelayanan Satu loket ini, mengurangi kontak langsung antara pelanggan (Masyarakat Pemohon Ijin) dengan Petugas Pelayanan. Tujuan dari dilaksanakan Pelayanan Satu Loket ini adalah untuk mengurangi KKN. Adapun Layanan Perijinan di Kabupaten Jembrana terdiri dari 56 jenis layanan Perizinan/Non Perizinan, 5 jenis layanan Akta Catatan Sipil, 1 jenis layanan Ketenagakerjaan.

Visi, Misi, Motto dan Maklumat Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT)

  1. VISI Pelayanan Publik Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Jembrana adalah:
    • Terwujudnya Pelayanan Prima Di Bidang Perizinan Dan Non Perizinan Dengan Pola Pelayanan Terpadu Satu Loket Yang Cepat, Tepat, Benar dan Transparan.
  2. MISI Pelayanan Publik Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Jembrana adalah:
    • Memberikan Pelayanan Yang Berkualitas Dan Merata Bagi Masyarakat Dengan Kepastian Prosedur, Biaya dan Waktu Yang Ditetapkan.
  3. Motto Pelayanan Publik Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Jembrana adalah:
    • Siap Melayani Anda Sepenuh Hati Dengan Cepat Ramah Mudah Akurat dan Transparan (Smash dengan Cermat).

Nama / jenis layanan tersebut, yaitu  :

LAYANAN PERIZINAN
  1. Persetujuan Prinsip.
  2. Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ).
  3. Izin Undang-Undang Gangguan ( HO. ).
  4. Surat Izin Pertambangan Daerah ( SIPD ).
  5. Izin Usaha dan Tanda Daftar Usaha ( TDU ) Perusahaan Penggilingan Padi / Huller dan Penyosohan Beras ( RMU ).
  6. Izin Pemasangan Reklame.
  7. Izin Usaha Hotel.
  8. Izin Usaha Pondok Wisata.
  9. Izin Usaha Restoran/Rumah Makan/Warung Wisata.
  10. Rekomendasi Izin Pemakaian Gedung Mendapa Kesari.
  11. Rekomendasi Izin Pemakaian Tanah Lapang.
  12. Izin Usaha Peternakan.
  13. Tanda Pendaftaran Peternakan Rakyat.
  14. Izin Pemotongan Ternak, Penanganan Daging serta Hasil Ikutannya.
  15. Izin Usaha Perikanan.
  16. Surat Izin Penangkapan Ikan ( SIPI ).
  17. Tanda Daftar Izin Usaha Perikanan.
  18. Izin Menebang Kayu Kebun / Kayu Rakyat
  19. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ( SIUJK ).
  20. Pengesahan Nomor Kode Tenaga Teknik ( NKTT ).
  21. Tanda Pendaftaran Usaha (TPU) VCD Rental.
  22. Izin Menyelenggarakan Kursus Pendidikan Luar Sekolah.
  23. Izin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional.
  24. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan ( IUPP ).
  25. Izin Usaha Toko Modern ( IUTM ).
  26. Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP ).
  27. Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB ).
  28. Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ).
  29. Izin Usaha Industri ( IUI ).
  30. Tanda Daftar Industri ( TDI ).
  31. Tanda Daftar Gudang ( TDG ).
  32. Izin Apotek.
  33. Izin Optical.
  34. Izin Praktik Berkelompok Dokter Umum.
  35. Izin Praktik Berkelompok Dokter Gigi.
  36. Izin Klinik / Balai Pengobatan (BP)/ Rumah Bersalin (RB) dan BKIA.
  37. Izin Balai Pengobatan Gigi.
  38. Izin Unit Transfusi Darah.
  39. Izin Tukang Gigi.
  40. Izin Praktik Fisioterapi.
  41. Izin Praktik Perorangan Dokter / Dokter Gigi.
  42. Surat Izin Praktik Bidan ( SIPB ).
  43. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).
  44. Izin Toko Obat.
  45. Izin Salon Kecantikan.
  46. Surat Izin Kerja (SIK) Perawat, Bidan,dan Refraksionis Optisien (RO).
  47. Surat Izin Praktik Perawat (SIPP).
  48. Izin Laboratorium Kesehatan.
  49. Izin Pengelolaan Tower / Menara Antena.
  50. Izin Penimbunan / Penyimpanan BBM.
  51. Rekomendasi Izin Penutupan Jalan.
  52. Izin Usaha Angkutan Kendaraan Umum.
  53. Kartu Tanda Pemilikan Izin Usaha Angkutan Kendaraan Bermotor Umum.
  54. Izin Trayek Angkutan Pedesaan.
  55. Izin Insidentil ( Penyimpangan Trayek )
  56. Surat Tanda Uji Kendaraan Bermotor.
LAYANAN AKTA CATATAN SIPIL
  1. Akta Kelahiran.
  2. Akta Perkawinan.
  3. Akta Perceraian.
  4. Akta Kematian.
  5. Akta Pengangkatan Anak, Pengakuan Anak, Pengesahan Anak, Perubahan Nama.
LAYANAN KETENAGAKERJAAN
Kartu Tanda Pencari Kerja ( AK-I )

Buku Pelayanan Perijinan Terpadu

 

STANDAR PELAYANAN  :

A.   STANDAR PROSEDUR :

Prosedur layanan menggunakan mekanisme Ban Berjalan, artinya setiap proses akan melalui tahapannya, dimulai dari verifikasi ( penelitian dan pemeriksaan berkas ) sampai pada tahapan akhir yaitu pengesahan / penandatanganan surat izin.

B.   STANDAR WAKTU :

1. Layanan Perizinan

a.     Perizinan dengan tinjauan lapangan ( chek lokasi ) :

Standar waktu penyelesaian maksimal 10 (sepuluh) hari kerja terhitung sejak permohonan masuk Loket, dengan perhitungan sebagai berikut :

  • pelaksanaan tinjauan lapangan selambat-lambatnya 5 ( lima ) hari kerja sejak berkas permohonan masuk Loket.
  • pelaksanaan pengkajian lapangan selambat-lambatnya 2 ( dua ) hari kerja sejak tinjauan lapangan.
  • penerbitan izin selambat - lambatnya 3 ( tiga ) hari kerja sejak pelunasan dengan bukti kwitansi.

Jenis perizinan dengan tinjauan lapangan :

  • Persetujuan Prinsip.
  • Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ).
  • Izin Undang-Undang Gangguan ( HO ).
  • Surat Izin Pertambangan Daerah ( SIPD ).
  • Izin Usaha dan Tanda Daftar Usaha ( TDU ) Perusahaan Penggilingan Padi/Huller dan Penyosohan Beras ( RMU ).
  • Izin Pemasangan Reklame.
  • Izin Usaha Hotel.
  • Izin Usaha Pondok Wisata.
  • Izin Usaha Restoran/Rumah Makan/Warung Wisata.
  • Izin Usaha Peternakan.
  • Tanda Pendaftaran Peternakan Rakyat.
  • Izin Pemotongan Ternak, Penanganan Daging serta Hasil Ikutannya.
  • Izin Usaha Perikanan.
  • Surat Izin Penangkapan Ikan ( SIPI ).
  • Tanda Daftar Izin Usaha Perikanan.
  • Izin Menebang Kayu Kebun/Kayu Rakyat
  • Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ( SIUJK ).
  • Tanda Pendaftaran Usaha (TPU) VCD Rental.
  • Izin Menyelenggarakan Kursus Pendidikan Luar Sekolah.
  • Izin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional ( IUP2T ).
  • Izin Usaha Pusat Perbelanjaan ( IUPP ).
  • Izin Usaha Toko Modern ( IUTM ).
  • Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP ).
  • Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB).
  • Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ).
  • Izin Usaha Industri ( IUI ).
  • Tanda Daftar Industri ( TDI ).
  • Tanda Daftar Gudang ( TDG ).
  • Izin Apotek.
  • Izin Optical.
  • Izin Praktik Berkelompok Dokter Umum.
  • Izin Praktik Berkelompok Dokter Gigi.
  • Izin Klinik / Balai Pengobatan ( BP ) / Rumah Bersalin ( RB ) dan BKIA.
  • Izin Balai Pengobatan Gigi.
  • Izin Unit Transfusi Darah.
  • Izin Tukang Gigi.
  • Izin Praktik Fisioterapi.
  • Izin Praktik Perorangan Dokter/ Dokter Gigi.
  • Surat Izin Praktik Bidan ( SIPB ).
  • Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga ( SPP-IRT ).
  • Izin Toko Obat.
  • Izin Salon Kecantikan.
  • Surat Izin Praktik Perawat ( SIPP ).
  • Izin Laboratorium Kesehatan Swasta.
  • Izin Pengelolaan Tower / Menara Antena.
  • Izin Penimbunan/Penyimpanan BBM.
  • Izin Usaha Angkutan Kendaraan Umum.
  • Surat Tanda Uji Kendaraan Bermotor.

b.     Perizinan non tinjauan lapangan
Standar waktu penyelesaian maksimal 3 (tiga) hari kerja sejak permohonan masuk loket.
Jenis Perizinan non tinjauan lapangan :

    • Rekomendasi / Izin Pemakaian Gedung Mendapa Kesari.
    • Rekomendasi / Izin Pemakaian Tanah Lapang.
    • Pengesahan Nomor Kode Tenaga Teknik ( NKTT ).
    • Surat Izin Kerja ( SIK ) Perawat, Bidan dan Refraksionis Optisien ( RO ).
    • Kartu Tanda Pemilikan Izin Usaha Angkutan Kendaraan Bermotor Umum.
    • Izin Trayek Angkutan Pedesaan.
    • Izin Insidentil ( Penyimpangan Trayek ).
    • Rekomendasi Izin Penutupan Jalan

2.     Layanan Akta Catatan Sipil.
Standar waktu penyelesaian untuk semua jenis layanan Akta Catatan Sipil maksimal 3 ( tiga ) hari kerja sejak permohonan masuk loket.

3.     Layanan Kartu Tanda Pencari Kerja ( Kartu Kuning ).
Standar waktu maksimal 10 ( sepuluh ) menit sejak permohonan masuk loket.

C.   STANDAR BIAYA :

Standar Biaya dari masing-masing jenis layanan perizinan / non perizinan besarannya ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku                 dengan mengacu pada Undang – Undang  Nomor : 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, khususnya yang mengatur tentang obyek perizinan wajib retribusi dan obyek perizinan yang dikecualikan dari obyek retribusi.

 

Teropong

SiteStatistic

Visitors: 6298172 Users
Hits: 19526850 Hits
Month: 12494 Users
Today: 714 Users
Online: 19 Users
Pemerintah Kabupaten Jembrana: Jl. Surapati no 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali
Telp. (0365) 41210 Fax: (0365) 41010 Call Center: (0365) 44444
SMS Center: 08 123 870 870 Email: kabjembrana@yahoo.com, hubkominfo@jembranakab.go.id
Tim IT PemKab. Jembrana
Design By