03 Jun 2021 Posted By: yanum

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Umum


Persyaratan

• Mengisi dan melengkapi isian formulir : 1. Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). 2. Daftar Isian Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). 3. Surat Pernyataan Tunduk dan Patuh pada Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku. 4. Surat pernyataan Kebenaran dan Keabsahan Dokumen.
• Melampirkan Fotocopy SKTR/SKRK
• Melampirkan Fotocopy NIB
• Melampirkan Izin Lokasi yang sudah efektif
• Melampirkan Izin Lingkungan yang sudah efektif dan Dokumen Lingkungan unuk skala besar
• Melampirkan fotocopy notifikasi dari OSS
• Melampirkan surat kesanggupan dari OSS
• Melampirkan Rencana Usaha
• Melampirkan fotocopy Akta Pendirian Perusahaan dan pengesahannya ( jika perusahaan berbadan hukum)
• Melampirkan fotocopy IMB (Jika bangunan bukan milik sendiri agar melampirkan : 1. Foto Copy KTP Pemilik IMB. 2. Surat Perjanjian Pemanfaatan Bangunan.)
• Melampirkan Surat kuasa pengurusan izin (bermaterai) dan fotocopy KTP (Jika izin diurus oleh orang lain)
• Melampirkan Fotocopy KTP pemohon yang masih berlaku
• Melampirkan Fotocopy NPWP Perorangan maupun Perusahaan
• Melampirkan Fotocopy surat keterangan tempat usaha dari kepala Desa/Lurah disahkan Camat
• Melampirkan Surat ijin dari atasan (jika berstatus PNS, TNI/POLRI)
• Melampirkan Gambar situasi/denah lokasi usaha
• Melampirkan Bukti Pendaftaran Kepesertaan BPJS Kesehatan dari OSS.
• Melampirkan Bukti Pendaftaran Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari OSS.
• Bagi usaha yang sudah berjalan, agar melampirkan : 1. Fotocopy Izin Usaha Lama. 2. Fotocopy Bukti Lunas BPJS Kesehatan. 3. Fotocopy Bukti Lunas BPJS Ketenagakerjaan. 4. Fotocopy Bukti Lunas Pajak Daerah (bagi usaha pariwisata).
• Bagi usaha dengan KBLI Minuman Beralkohol, agar melampirkan : 1. Surat rekomendasi keberadaan perusahaan khusus minuman beralkohol dari Camat. 2. Surat keterangan dari distributor / supplier MB. 3. Daftar minuman beralkohol gol B dan C yang dijual.
• Melampirkan Fotocopy TDUP Bagi Usaha Pariwisata
• Melampirkan Fotocopy Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol (ITP-MB) Jika Pemohon Menjual Minuman Beralkohol

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

• Pelaku Usaha yang telah melakukan pendaftaran di OSS kemudian mengajukan Permohonan Izin Usaha
• JFU Front Office : - Menerima berkas permohonan dan meregistrasi di buku tamu - Menginput permohonan ke Sistem
• Kepala Seksi : - memverifikasi berkas ijin yang masuk
• JFU Back Office : - Penyusunan jadwal cek lapangan - Membuka akses data permohonan perizinan - Mengetik jadwal cek lapangan - Mengetik surat tugas - Mengetik Surat pemberitahuan kepada pemohon dan Kepala Desa
• Kepala Seksi : - Mengoreksi dan memparaf jadwal cek lapangan dan Surat Undangan kepada Kepala Bidang untuk diperiksa kesesuaiannya - Menindaklanjuti jadwal cek lapangan dan surat undangan tim pengkaji
• Kepala Bidang mengoreksi dan menandatangani jadwal cek lapangan dan surat undangan Tim Pengkaji
• JFU Back Office : - Menyampaikan jadwal cek lapangan ke Tim Pengkaji - Menghubungi pemohon terkait jadwal cek lapangan (via telp) - Menyiapkan sarana transportasi untuk Tim Pengkaji - Menyiapkan kelengkapan cek lapangan (berkas permohonan, dll yang diperlukan
• Pelaksanaan cek lapangan : - Membuat Berita Acara Pemeriksaan Lapangan - Membuat Kajian hasil cek lapangan
• JFU Front Office : - menerima kajian dan berkas permohonan izin usaha dari Tim Teknis - Menyerahkan kajian dan berkas permohonan kepada Back Office - Penyampaian biaya pembyaran retribusi kepada pemohon jika dipersyaratkan
• JFU Back Office : - Menginventarisir hasil kajian Tim Cek Lapangan - Menyusun draf persetujuan / penolakan sesuai dengan hasil Kajian Teknis
• Kepala Seksi : - Mengoreksi dan memparaf draf persetujuan/penolakan sesuai dengan hasil kajian teknis - Menindaklanjuti draf persetujuan /penolakan sesuai dengan hasil kajian teknis
• Kepala Bidang : - Mengoreksi dan menparaf draf persetujuan / penolakan sesuai dengna hasil kajian teknis - Menindaklanjuti rekomendasi persetujuan / penolakan pemenuhan komitmen ijin usaha
• Kepala Seksi : - memvalidasi dan memberi persetujuan izin usaha yang telah sesuai pada OSS
• JFU Back Office : - Mencetak Izin Usaha yang telah divalidasi / disetujui di OSS - Mencetak Surat Persetujuan untuk izin usaha yang sudah tercetak
• Kepala Dinas : - Menandatangani Surat Persetujuan penerbitan izin usaha / penolakan penerbitan izin usaha (Surat Pengembalian berkas)
• JFU Back Office : - Meregister Persetujuan/Penolakan Pemenuhan Komitmen Izin Usaha Surat Persetujuan penerbitan izin usaha / penolakan penerbitan izin usaha (Surat Pengembalian berkas ) - Menyampaikan Surat Persetujuan penerbitan izin usaha / penolakan penerbitan izin usaha (Surat Pengembalian berkas ) kepada JFU Font Office
• JFU Fornt Office : - Menghubungi pemohon (via telp ) untuk mengambil Surat Persetujuan penerbitan izin usaha / penolakan penerbitan izin usaha (Surat Pengembalian berkas )

Waktu Penyelesaian

14 Hari kerja


Melakukan cek lapangan maksimal 14 (empat belas) hari kerja terhitung sejak berkas dinyatakan lengkap dan benar sesuai persyaratan

Biaya / Tarif

Tidak dipungut biaya
Produk Pelayanan

• Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Pengaduan Layanan

Pengaduan dapat disampaikan secara langsung di kantor DPMPTSPTK, via telp di (0365) 41028 atau email: pmptsp@jembranakab.go.id atau melalui website : www.lapor.go.id

Kembali




Berita OPD

Dinas Kominfo Kab. Jembrana menghadiri Forum Komun...

Kegiatan Forum Komunikasi Media Massa dengan tema "Peningkatan Pemahaman tentang Delik Pers bagi Aparatur Sipil Negara dan Wartawan" ini dia...

Serah Terima Bantuan Alat-Alat Penanggulangan Covi...

Kegiatan serah terima bantuan alat-...

Dinas Kominfo Kab. Jembrana mengikuti acara launch...

Acara ini diikuti oleh seluruh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Bali pada tanggal 5 Mei 2021, pukul 09.00 WITA, bertempat di Padma Resort Legian ...

Radio Ananta Praja Swara 99.9 FM merayakan hari ja...

Seluruh jajaran Dinas Kominikasi dan Informatika Kab. Jembrana mengucapkan Selamat ulang tahun ke-2 LPPL Ananta Praja Swara 99.9 FM Radionya Masyarak...

Dinas Kominfo Kab Jembrana mengikuti bimbingan Tek...

Bimbingan Teknis ini diikuti oleh seluruh Admin SiKI di masing-masing PPID Utama Kabupaten/Kota se-Bali dengan Narasumber dari Ketua Komisi Info...

PERATURAN BUPATI JEMBRANA NOMOR 7 TAHUN 2020 ...

PERATURAN BUPATI JEMBRANA NOMOR 7 TAHUN 2020 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BUPATI NOMOR 4 TAHUN 2018 TENTANG TATA CARA DAN PROSEDUR ...