WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN NASIONAL, PEMKAB JEMBRANA LUNCURKAN SEJUMLAH PROGRAM UNGGULAN.

Dalam meningkatkan ketahanan pangan utamanya pada ketersediaan pangan untuk mewujudkan Swasembada Pangan Nasional Pemkab Jembrana telah berupaya untuk mewujudkannya dengan mencarikan solusi berupa sejumlah program – program unggulan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha saat menyampaikan sambutannya dalam apel rutin yang di gelar di Taman Pecangakan tadi pagi (4/9).


Dalam sambutan tersebut Bupati Artha menyampaikan dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional Pemkab Jembrana telah berupaya membantu mencarikan solusi antara lain memberikan bantuan benih, pupuk bersubsidi, program Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai (Upsus Pajale), Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab), Gempita, dana talangan, bantuan prasarana dan sarana pertanian, alat mesin pertanian, alat fermentasi, infrastruktur jaringan irigasi pertanian, jalan usaha tani, dam parit, Embung, sumur bor dan lain – lain.


“Selain itu Perda no 5 tahun 2015 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan untuk mempertahankan luas pertanian sawah kita dalam meningkatkan luas pertanian sawah dalam meningkatkan ketahanan pangan. Selanjutnya kita akan mencoba mengembangkan padi unggul, padi hibrida, padi salibu, padi haston serta pengembangan bibit kakao unggul super untuk mendorong perkebunan kakao kita yang telah mendapatkan sertifikat UTZ agar mendapat kepercayaan yang lebih baik lagi dalam perdagangan Internasional” kata Artha.


Lanjut menurut Artha melihat kondisi, permasalahan petani serta solusi yang telah diupayakan untuk meringankan beban para petani kita pada kesempatan itu Artha meminta kepada OPD terkait terus berupaya dan berinovasi menciptakan program – program pro petani untuk meningkatkan kesejahteraannya. “Dan untuk menekan alih fungsi lahan maka peran kelihan subak perlu di tingkatkan” kata Artha.


“Pada kesempatan ini pula saya selaku pimpinan daerah mengucapkan terima kasihnya kepada pejabat dan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Jembrana atas kesungguhan dalam melaksanakan setiap program kegiatan” pungkas Artha dihadapan peserta Apel yang dihadiri Wabup Kembang Hartawan, Sekda Made Sudiada, kepala – kepala OPD Pemkab Jembrana, dan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Jembrana. ( adi/humas)

Kembali