Puskesmas II Jembrana Duta Bali Ke Tingkat Nasional


Jembrana- Setelah lolos dalam ajang perlombaan Puskesmas berprestasi tingkat Propinsi Bali, kini Puskesmas Jembrana II yang berlokasi di desa Yehkuning kecamatan Jembrana dipercaya untuk mewakili Propinsi Bali ke tingkat Nasional. Untuk itu tim penilai dari Kementerian Kesehatan RI yang dipimpin Kepala Seksi Penunjang Pelayanan Kesehatan Klinik Direktorat Yankes Primer Kemenkes RI, dr. Ernawati Oktavia, MKM beserta rombongan turun langsung melakukan verifikasi pada Senin(18/9).

Didampingi Asisten III I Nengah Ledang, Wakil ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana, Ny Ani Kembang Hartawan serta Kepala Puskesmas II Jembrana dr. Tri Oktin Winda Daniati, saat melakukan penilaian, Ernawati Otavia selaku ketua tim penilai mengaku, kalau kegiatan verifikasi yang dilakukannya ini merupakan kegiatan tahap ke empat dari seluruh rangkaian tahapan penilaian FKTP berprestasi tingkat Nasional. “Tahun ini ada 52 Puskesmas(22 Puskesmas kawasan perkotaan, 20 kawasan pedesaan dan 10 Puskesmas kawasan terpencil, serta 13 klinik Pratama dari 24 Propinsi yang berpartisipasi mengusulkan FKTP terbaiknya. Yang berhak mendapatkan kesempatan memperebutkan gelar FKTP berprestasi, untuk mendapatkan tiga Puskesmas pada setiap katagori wilayah kerja Puskesmas, perkotaan, pedesaan dan terpencil/sangat terpencil, “ujarnya.

Ernawati yang mengaku mewakili Direktur Pelayanan Pelayanan Primer Kemenkes RI juga mengatakan, dalam penilaian ini pihaknya menyertakan tim dari lintas program, “ saat ini saya membawa tim penilai yang terdiri dari lintas perogram sebanyak 3 orang. Tim ini akan bekerja sesuai instrumen yang telah disebarkan dan ini akan bekerja maksimal sampai 3 hari kedepan, “tegasnya.

Sementara Bupati Jembrana dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Jembrana, I Nengah Ledang mengatakan, untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan yang berkwalitas di era kesehatan nasional serta menjaminkan keselamatan pasien, tahun 2016 delapan Puskesmas telah lolos akreditasi dengan katagori enam Puskesmas Akreditasi Madya sementara dua Puskesmas Terakreditasi Utama yakni, Puskesmas Rawat Inap Yehkuning dan Puskesmas Rawat Inap Pekutatan. “Untuk tahun 2017 telah dilakukan survey akreditasi untuk Puskesmas Rawat Inap Gilimanuk dan Puskesmas Mndoyo, namun sampai saat ini belum ada penetapan dari akreditasi FKTP Kemenkes RI. Dengan demikian, seluruh Puskesmas di tahun 2017 ini telah terakreditasi untuk menjaminkan mutu layanan dan keselamatan pasien, “ujarnya.

Dalam sambutannya , Ia juga mengatakan, di tahun 2017 ini, dari empat katagori tenaga kesehatan teladan yang diajukan Kabupaten Jembrana untuk penilaian lomba tenaga kesehatan teladan tingkat Propinsi Bali, Jembrana memberikan hasil yang membanggakan, “Kepala Puskesmas Rawat Inap Yekuning kecamatan Jembrana yakni, Dokter Tri Oktin Winda Daniati berhasil lolos sebagai dokter teladan dengan inovasi pendekatan keluarga berbasis Web melalui PDKT Mas. Sementara I Gusti Ngurah Yuliartana, Amd, Kep, perawat fungsional Puskesmas Rawat Inap Mendoyo dengan inovasi program Posyandu Mantap Jiwa dan Atma Raksa Paripurna, “pungkasnya(eka/hmsj).

Kembali