Gugah Partisipasi, Kelurahan Pendem Lombakan Gang

Jembrana- Kelurahan Pendem yang merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Jembrana, Kamis(28/9) terlihat lain dari hari-hari sebelumnya. Pasalnya, kelurahan yang dipimpin Lurahnya I Wayan Putra Mahardika menyelenggarakan perlombaan bertajuk Pendem Jegog yakni, Kelurahan Pendem menuju Jembrana Go Green yakni, perlombaan penataan gang-gang.

Perlombaan yang ditinjau langsung Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, nampak berbagai tanaman hias disepanjang gang-gang yang dilombakan itu terlihat telah tertata rapi, menyusul beraneka tanaman hias dengan aneka warna-warni termasuk beragam tanaman obat-obatan berjejer disisi kiri dan kanan gang yang ada di lingkungan Satria dan lingkungan Pendem.

Lurah Pendem, I Wayan Putra Mahardika, mengaku lomba ini dimaksudkan untuk menggugah semangat dan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kecintaannya terhada lingkungan, “ini kami gagas bersama segenap tokoh yang ada disini(kelurahan Pendem). Meski tanpa biaya ternyata apresiasi dari masyarakat sangat tinggi. Ini dibuktikan, semua yang terpajang di sepanjang gang-gang ini murni swadaya masyarakat, “ujarnya.

Sementara salah seorang warga yang akrab dipanggil ibu Bogor beralamat di lingkungan Satria mengaku, kecintaannya terhadap tanaman telah melekat sejak bertahun-tahun. “Sejak dulu saya mencintai tanaman. Saat ini saja kami selain tanaman hias untuk penataan di pinggir gang, saya juga telah mengoleksi sebanyak 50 jenis tanaman obat-obatan. Jika nanti warga yang lain ingin mengembangkan di setiap keluarga tentu akan kami berikan. “terangnya.

Disela-sela peninjauan, Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan mengaku, sangat apresiasi atas dukungan dan partisipasi masyarakat untuk menciptakan kelurahan Pendem yang bersih dan hijau. “Tentu kami sangat apresiasi atas sinergitas warga masyarakat untuk mendukung menciptakan suasana lingkungan yang sejuk dan asri. Ini merupakan langkah awal untuk menciptakan lingkungan yang bersih terbebas dari sampah, “ujarnya.

Pengelolaan sampah, kata Kembang dimulai dari hulu ke hilir, mulai dari lingkungan keluarga masing-masing, ciptakan suasana yang hijau, membuang sampah yang benar dan terakhir pemilahan sampah yang jugabenar, “kedepan bagaimana masyarakat disini(kelurahan Pendem) mampu mengelola sampah yang benar sehingga dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan kesesejahteraan, begitu juga limbah sampah itu sendiri dapat dapat diolah menjadi kompos untuk tanaman. “harapnya.

Wabup Kembang juga minta, kedepan semangat dan partisipasi yang baik ini dapat ditularkan kepada lingkungan bahkan desa-desa lainnya di Kabupaten Jembrana. “Kedepan saya harapkan, upaya ini dapat ditularkan kepada masyarakat, baik di lingkungan lainnya di keluarahan pendem itu sendiri bahkan ditularkan kepada masyarakat lainnya yang ada di Kabupaten Jembrana. Yang tidak kalah pentingnya, saya juga minta tingkat partisipasi dan komitmen masyarakat yang sudah baik ini untuk tetap dipelihara dan dijaga, “harapnya(eka/hmsj).

Kembali