BUKA PUASA PEMKAB JEMBRANA, FKUB JEMBRANA BACAKAN DEKLARASI DAMAI

Buka puasa Pemkab Jembrana di gelar Selasa malam (5/6) di Gedung Kesenian Dr. Ir. Soekarno. Berbeda dengan buka puasa pada umumnya, pada buka puasa kali ini dilaksanakan pembacaan deklarasi damai dari FKUB Jembrana. Hadir dalam acara ini Bupati Jembrana I Putu Artha beserta Ny Ari Sugianti Artha, Wabup Made Kembang Hartawan beserta Ny Ani Setiawarini Kembang Hartawan, anggota Forkopimda, Kepala – Kepala OPD Pemkab Jembrana, tokoh agama, puluhan umat muslim dari dari dalam dan luar lingkungan Pemkab Jembrana.

Deklarasi yang di bacakan oleh Ketua FKUB Jembrana, Komang Arsana, terdiri dari 6 pernyataan yang terdiri dari ungkapan rasa duka mendalam atas aksi terorisme, mengutuk aksi terorisme dan pernyataan bahwa terorisme tidak terkait agama apapun, mengajak semua umat berdoa untuk keselamatan NKRI, menghimbau tokoh umat beragama agar turut mengedukasi dan menanamkan nilai kebangsaan kepada umatnya, mengajak tokoh agama dan semua umat agar tidak takut terorisme, bersama – sama membantu aparat menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban.

Sementara itu Bupati Jembrana dalam sambutannya berharap peran tokoh agama, tokoh masyarakat, jajaran pemerintah daerah, TNI, Polri serta seluruh lapisan masyarakat, untuk tetap teguh pendirian dan menjaga semangat persatuan sebagai pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama, juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati” kata Artha.

Artha juga menyampaikan bahwa di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dalam perbedaan, rasa tepo seliro dan rasa menyama braya. Sekalipun kita berbeda – beda agama, tetapi kita diikat dengan budaya, yaitu Budaya Nusantara yang adi luhung. “Tentu pesan budaya inilah yang saya harapkan bisa mengikat persatuan di Kabupaten Jembrana ini, sehingga bisa menjadi kondusif dan saling menghargai” ungkapnya.

Pada acara tersebut juga Pemkab Jembrana menyerahkan bingkisan sembako kepada 60 anak – anak kurang mampu dan diserahkan langsung oleh Bupati Artha. Dan dari Kodim 1617 juga menyerahkan 10 paket sembako yang diserahkan langsung oleh Dandim, Letkol Kav. Jefri Marsono Hanok. Acara ditutup dengan tausiyah dari KH. Faturahim dan buka puasa bersama.(humas)

Kembali