Resmikan Balai Penyuluhan KB Bupati Artha Harapkan Petugas Bisa Maksimal Beri Pemahaman Program KB

Bupati Jembrana I Putu Artha meresmikan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB)di Kecamatan Negara bertempat di Kantor Kecamatan Negara, selasa ( 5/6). Didampingi Kepala Dinas PPPA-PPKB Ni Kade Ari Sugianti, prosesi peresmian ditandai dengan pemotongan pita. Hadir pula dalam peresmian tersebut Para Asisten dan Pimpinan OPD lingkup pemerintah Kabupaten Jembrana serta para Camat se-Kabupaten Jembrana dan para perbekel /lurah se-Kecamatan Negara Dengan diresmikannya Balai penyuluhan KB di Negara, tiap kecamatan di Jembrana kini sudah memiliki Kantor Balai penyuluhan masing-masing. Bupati Artha berharap , dengan diresmikannya balai penyuluhan KB Artha berharap semua petugas yang terlibat dalam penyuluhan bisa lebih maksimal dalam bekerja memberi penyuluhan tentang pemahaman program KB. Ia juga mengatakan untuk mewujudkan Keluarga yang sejahtera dan berkualitas dapat dilakukan dengan mengatur jarak kelahiran, menunda kelahiran khususnya pada usia dini dengan menghindari 4 terlalu. “terlalu muda untuk melahirkan, terlalu tua untuk melahirkan, terlalu dekat jarak melahirkan dan terlalu sering melahirkan,”sebut Artha.

Disamping itu ditambahkannya, Balai Penyuluhan KB ini juga dapat difungsikan oleh masyarakat untuk melakukan konsultasi tentang Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. “Dengan dibangunnya Balai Penyuluhan KB ini saya harapkan kepada jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA-PPKB) dapat memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi dari Balai Penyuluhan KB ini sebagai wahana untuk pelaksanaan operasional penyuluhan dan pembinaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga,” Artha. Usai peresmian, Bupati Artha juga dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke masing – masing ruangan yang ada pada Balai Penyuluhan KB tersebut.

Sementara Kepala Dinas PPPA-PPKB , Ni Kade Ari Sugianti dalam laporannya menyampaikan tujuan dibangunnya Balai Penyuluhan KB adalah untuk meningkatkan akses dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas. Selain itu guna menguatkan advokasi dan pemberian KIE ( komunikasi, informasi dan edukasi) tentang pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi di seluruh wilayah. Diharapkan juga ketersediaan dan kualitas data dan informasi kependudukan yang memadai, akurat serta tepat waktu dapat diwujudkan.

“Sumber dana yang digunakan untuk pembangunan Balai Penyuluhan KB adalah bersumber dari dana DAK Sub Bidang Keluarga Berencana tahun 2018 pada Dinas PPPA-PPKB Kabupaten Jembrana sebesar Rp. 399.000.000 untuk 2 balai penyuluhan ( kecamatan Negara dan Mendoyo). Sehingga masing – masing balai penyuluhan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 199.500.000,"ungkap Ari Sugianti. ( yogi/humas )

Kembali