BUPATI ARTHA HADIRI BHAKTI PENGANYAR DI PURA LUHUR GIRI SALAKA ALAS PURWO

Bertepatan dengan hari raya Pagerwesi ( 17/10), Pemkab Jembrana ngaturang bhakti pengayar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi. Rombongan dipimpin langsung Bupati Jembrana I Putu Artha, didampingi istri Ny Ari Sugianti Artha serta pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana, disambut Mangku Adi Wasito, penglingsir Pura Luhur alas Purwo.

Selaku penglisir , Mangku Adi Wasito mengatakan upacara yang dilakukan berupa pedudusan madya yang digelar tiap enam bulan sekali. Rangkaian karya diawali dengan pecaruan dan matur piuning, mesuci ida bhatara di pantai trianggul asih. “ rangkaian karya “nyejer ‘ selama tiga hari. Tidak hanya umat hindu Banyuwangi , namun juga dari Bali dan kabupaten Jatim lainnya. Kami juga mengundang kabupaten/kota se-Bali dalam pelaksanaan bhakti penganyar ini, “kata Mangku Adi Wasito.

Sementara untuk upacara bhakti penganyar Pemkab Jembrana , dipuput Ida Pedanda Griya Anom Batuagung. Seluruh prosesi bhakti penganyar hingga selesai berjalan dengan khusuk dan lancar. Selain pelaksanaan karya, Mangku Adi Wasito juga menjelaskan berbagai tahapan pembangunan kawasan pura. Yang terbaru sudah dipelaspas candi bentar sebagai pintu masuk madya pura. Harapannya secara bertahap akan diselesaikan lagi guna melengkapi fasilitas pura seperti bale kulkul serta dapur suci.

Bupati Artha mengatakan pelaksanaan bhakti penganyar , rutin dilaksanakan , selain untuk melaksanakan persembahyangan agar senantiasa diberikan tuntunan, keteduhan kepada umatnya. Ia juga menambahkan , pelaksanaan bhakti penganyar dengan mengajak segenap OPD juga untuk mendoakan agar Jembrana diberikan keselamatan, damai dan dijauhkan dari musibah. Usai persembahyangan , Bupati Artha juga menghaturkan punia prosesi upakara yang diterima panitia setempat.

Kembali