Serahkan Ratusan Ekor Kambing, Bupati Artha Minta Libatkan KK Miskin

Jembrana- Setelah sepekan dikarantina dan telah dinyatakan sehat dari tim kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Jembrana, ratusan ekor kambing diserahkan kepada kelompok ternak yang tersebar di Kabupaten Jembrana.

Ratusan kambing unggul jenis Etawa diserahkan langsung oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, bertempat di areal karantina hewan desa Banyubiru kecamatan Negara, Kamis(1/11).

Dihadapan penerima bantuan, Bupati Artha minta agar semua kelompok agar mengajak anggotanya yang berasal dari warga miskin. “ Sasaran bantuan yang kita berikan kepada masyarakat tentu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Untuk itu saya minta kepada semua kelompok ini agar melibatkan anggotanya yang berasal dari warga miskin.Dengan semakin manyak warga miskin yang kita libatkan tentu kk miskin kita akan semakin berkurang, “ujarnya.

Selain itu, Bupati Artha juga minta agar kelompok penerima benar-benar menjaga dan memelihara bantuan itu dengan sebaik-baiknya, “anggaran pemerintah yang kita gelontorkan kepada kelompok ternak kambing ini cukup besar. Hal ini disebabkan, bantuan itu mulai dari pengadaan bibit, obat-obatan termasuk pembuatan kandangnya. Untuk itu kami harapkan kepada semua anggota kelompok agar benar-benar dapat memelihara ternaknya sehingga nantinya dapat berkembang biak dengan cepat. Jika dalam perjalanan ditemua adanya kendala terkait masalah kesehatan ternak segera koordinasikan dengan dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Jembrana, “tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, I Wayan Sutama mengaku, kalau bantuan yang diserahkan itu sebayak 572 ekor kambing. “Bantuan ternak kambing ini diserahkan kepada 13 kelompok yakni, 4 kelompok di kecamatan Pekutatan, 3 kelompok di kecamatan Mendoyo dan masing-masing 2 kelompok lainnya di kecamatan Jembrana, Negara dan kecamatan Melaya. Setiap kelompok menerima 40 ekor kambing betina dan 4 ekor kambing jantan, ujarnya.

Sementara salah seorang penerima asal I Wayan Sukrayasa(40) asal dusun Bangli desa Yehembang Kangin kecamatan Mendoyo, mengaku bangga dan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana, “saya sangat berteima kasih kepada Pemkab Jembrana dalam hal ini bapak Bupati atas bantuan yang telah diberikan “ujarnya.

Sukarya juga berjanji akan merawat dan memelihara ternak kambing yang diterimanya itu dengan baik, “dulu sekitar tahun 1990 saya memang pernah pelihara kambing, namun saat itu harganya sangat murah bahkan kambing yang saya pelihara saat itu jenisnya kambing kacang tentu sangat tidak mendapatkan hasil apalagi menambah pendapatan. Sekarang bibitnya bagus jenis unggul dan harganya juga menjanjikan makanya saya sangat tertarik lagi untuk pelihara ternak kambing bersama anggota kelompok, “pungkasnya.

Kembali