MURNI GUNAKAN APBD , UPGRADE RSU NEGARA DITARGETKAN TUNTAS SEPTEMBER

Upgrade Pembangunan RSU Negara saat ini telah mencapai 57 persen. Sehingga ditargetkan pembangunan beberapa gedung baru dan prasarana yang murni menggunakan APBD dengan pola multiyears itu bisa tuntas bulan september 2019 . Hal itu diungkapkan Wabup Kembang Hartawan saat meninjau progress pembangunan di RSU Negara (2/1) .Wabup Kembang hadir didampingi Direktur RSU Negara dan Project Manager PT Nindya Karya, dan sejumlah pejabat RSU Negara .

Wabup Kembang saat peninjauan mengatakan, “upgrade” RSU Negara ini adalah bentuk komitmen Pemkab Jembrana untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jembrana. “Pembangunan ini murni menggunakan APBD dengan multiyears senilai Rp 179.333.889.000, dengan tiga tahap pengerjaan. ini komitmen kuat kita dalam memberikan pelayanan. Kita boleh berbangga, dengan APBD yang kecil, tapi mampu membangun RSU yang cukup baik. Karena itu suatu bentuk komitmen” ungkapnya.

Kembang menambahkan, di 2019 fokus yang “terkencang” di Pemkab Jembrana adalah pada bidang kesehatan. Tidak hanya dari segi fisik, Kembang juga menyatakan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Pemkab juga menyediakan Kartu Indonesia Sehat bagi masyarakat Jembrana. “Dengan kartu itu masyarakat bisa dirawat secara gratis, baik di Puskesmas dan RSU pada kelas tiga. ”imbuhnya

Project Manager PT Nindya Karya, Nyoman Gede Indira Suryanata, mengatakan per Desember 2018 pembangunan RSU Negara sudah mencapai 57% dan bangunan yang diselesaikan ada empat yaitu IRNA (Instalasi Rawat Inap) VIP, IRNA 1 2 3, IGD dan Instalasi Bedah Sentral. “Total ada enam bangunan utama yang dikerjakan, ada di 2019 dua lagi yaitu ruang hemodialisa, poliklinik dan laboratorium. Selain itu ada infrastruktur berupa selasar, power house, ground water tank, landscape dan hardscape.” ujar Indira.

Sementara itu Direktur RSU Negara, Made Dwipayana mengatakan selama pembangunan berlangsung RSU Negara pelayanan tetap berjalan dan kegiatan juga dilaksanakan dengan bertahap. Dengan adanya penambahan gedung baru, RSU Negara akan menambah SDM berupa mulai dari dokter spesialis hingga cleaning service.

Kembali