GELAR PASAR MURAH JELANG GALUNGAN DAN KUNINGAN

Jembrana-Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali menggelar pasar murah menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, yang dipusatkan di Pasar Ijogading Negara.

Pasar murah yang berlangsung dari tanggal 16- 20 Juli 2019 bekerjasama dengan Perum Bulog Jembrana. Sedangkan khusus tanggal 19 ( hari jumat ) , pelaksanaan pasar murah dipusatkan di areal Gedung Kesenian Bung Karno , dengan segmen pegawai dan tenaga kontrak.Pelaksanaan di GKBK ini juga mendapat atensi dari orang nomor satu di Jembrana , Bupati Artha yang meninjau langsung sekaligus berdialog dengan sejumlah pedagang terkait harga -harga komoditi, khususnya jelang hari raya.

Kabid Perdagangan Jembrana , I Putu ramita mengatakan , khusus pasar murah kali ini, pihaknya menyediakan 400 kilogram beras, 3 ribu butir telur, 300 kilogram gula pasir, minyak goreng, tepung kue, dan bumbu-bumbuan serta buah-buahan, yang tentunya dijual dengan harga lebih miring daripada dipasaran.

Menurut dia, pasar murah yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang menyasar momen-momen hari tertetu seperti hari raya Nyepi, hari raya Galungan dan Kuningan, serta bulan Ramadhan. Tujuan dari kegiatan pasar murah ini tentu membantu kalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan komoditas sembako yang lebih terjangkau.

Misalnya komoditi utama seperti beras dijual dengan harga Rp 9000 perkilogram, gula pasir Rp 11.500 perkilogram, dan telur ayam Rp 1300 perbutir.

Menurut salah satu pengunjung dari kalangan masyarakat umum, Komang Mahyuni, mengaku dirinya sangat terbantu dan hari segi harga karena terjangkau. Pasar murah ini juga dinilainya bermanfaat khususnya bagi dia dari kalangan ibu-ibu guna memenuhi berbagai kebutuhan menyambut Hari Raya Galungan Kuningan.

“Dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dipasaran” tentunya pasar murah sangat membantu menekan pengeluaran masyarakat untuk mencukupi kebutuhan masyarakat seperti masa hari raya seperti sekarang, ” ungkap . Ia juga berharap Pemkab bisa rutin menggelar kegiatan seperti ini khususnya saat musim hari raya. ( ari/hmsj)

Kembali