PATAKA PANJI–PANJI DAN SURAT SAKTI PAHLAWAN I GUSTI NGURAH RAI DITERIMA BUPATI ARTHA

Napak tilas yang membawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai hari ini (11/11) tiba di Kabupaten Jembrana. Kedatangan rombongan yang mengenang kembali perjalanan pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai tiba di Lapangan Pergung pukul 09.30 wita. Kedatangan rombongan tersebut di sambut oleh apel serah terima dengan Inspektur Bupati Jembrana I Putu Artha. Apel serah terima tersebut disaksikan oleh anggota Forkopimda Jembrana, Kepala – kepala OPD Jembrana, LVRI dan ormas kepemudaan.

Serah terima dilaksanakan dengan penanda tanganan berita acara serah terima oleh Bupati Jembrana I Putu Artha dan dilaksanakan juga pelepasan pasukan Napak Tilas. Selain itu pada apel tersebut di bacakan juga surat sakti I Gusti Ngurah Rai kepada Overste Termuelen yang menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Bali khususnya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga, Ni Nengah Wartini mengatakan tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme, sekaligus mengenang perjuangan dan perjalanan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Nantinya rombongan yang berangkat dari Denpasar seusai melakukan serah terima, kemudian dilepas oleh Bapak Bupati dan menuju ke Desa Air Kuning, dan kemudian rombongan beristirahat di Taman Sangkur di Kota Negara.

Setelah itu rombongan menuju Monumen Perjuangan di Pura Indrakusuma, kemudian melaksanakan penghormatan di monument tersebut. Kemudian rombongan menuju monument Lintas Laut untuk bermalam, disana dilaksanakan pemuteran film perjuangan I Gusti Ngurah Rai dan Renungan malam. Dan keesokan harinya pada senin (12/11) rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Pemuteran Buleleng yang nantinya akan dilaksanakan apel serah terima. Seusai serah terima di Kabupeten Buleleng, rombongan akan melanjutkan ke Karangasem, Klungkung, Bangli, Gianyar, Denpasar, Badung dan terakhir 20 November akan dilakukan upacara di Margarana, Tabanan.

Sementara itu Bupati Jembrana I Putu Artha menyampaikan dalam rangkaian Hari Pahlawan 10 November dan Hari Puputan Margarana 20 November, kita harus menghargai dan mengenang kepahlawanan dari Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Ia juga meminta generasi muda Jembrana agar ikut mendoakan dan menghormati para pahlawan yang sudah ikut berjuang dalam memerdekakan bangsa ini. “Selain itu agar kita semua ikut berperan serta mensukseskan program program pemerintah, ” ucapnya. ( adisuta / humas )

Kembali