Wabup Kembang Saksikan Pengukuhan Bendesa Taman Sari

Desa Adat Munduk Anyar Kelurahan Tegal Cangkring, menggelar pengukuhan Bendesa Taman Sari periode 2020–2025 I Ketut Wita yang rangkaikan dengan persembahyangan bersama di Pura Dalem Taman Sari Desa Adat Munduk Anyar, Kelurahan Tegalcangkring, Sabtu (25/1).

Pengukuhan I Ketut Wita untuk periode ketiga ini disaksikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan. Selain Wabup Kembang, hadir pula Anggota DPRD Dapil Mendoyo, Camat Mendoyo, Lurah Tegalcangkring, Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) beserta jajarannya.

Wabup Kembang mengapresiasi pemilihan Bendesa Taman Sari yang dilakukan melalui musyawarah/mufakat dengan melibatkan seluruh masyarakat se-Desa Adat Munduk Anyar, Tegalcangkring. "Pemilihan Bendesa hendaknya mengedepankan musyawarah/mufakat dengan menyatukan segala perbedaan pendapat, dibandingkan dengan menggunakan sistem voting. Musyawarah juga merupakan wujud kedewasaan dalam berdemokrasi," ujar Kembang.

Kepada Bendesa terpilih, Wabup Kembang berpesan agar dapat menjaga keharmonisan antar masyarakat di Desa, ditengah peran desa adat yang makin kompleks. “Kepada Bendesa yang telah terpilih saya harapkan peran aktif dalam menjaga keharmonisan dalam menyatukan umat. Jadilah panutan bagi masyarakat dan mari rangkul bersama- sama untuk menjaga dan memajukan Desa Pekraman," imbuhnya.

Wabup Kembang juga minta, di dalam melaksanakan kegiatan keagamaan agar bisa melibatkan generasi milenial (muda) pada setiap kegiatannya. Hal tersebut penting, mengingat generasi muda sekarang pemikirannya sangat kreatif dan lebih luas dalam melakukan sesuatu. "Beri kesempatan kepada mereka untuk ikut terlibat dalam kegiatan keagamaan, sebagai generasi penerus, hal itu berdampak positif yang akan memberikan pengetahuan kepada mereka di dalam melakukan upacara keagamaan nanti," pinta Kembang.(yogi/hmsj)

Kembali