GERAKAN SEMESTA BERENCANA BALI RESIK DI JEMBRANA, KUMPULKAN 25KG SAMPAH PLASTIK

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Kabupaten Jembrana yang digelar di Pura Dhang Khayangan Mertasari, Jembrana, Jumat (31/1). Gerakan bersih - bersih secara gotong royong tersebut melibatkan bendesa, masyarakat, pelajar, pegawai BUMD, ASN, TNI/Polri, dan kelompok peduli lingkungan yang secara gotong - royong membersihkan areal Pura Merta Sari. Dari kegiatan tersebut, sebanyak 25kg sampah plastik berhasil dikumpulkan.

Kegiatan gotong royong tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan beserta Ibu Ani Setiawarini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Wayan Sudiarta serta Camat Jembrana yang juga bersama-sama ikut berbaur ditengah-tengah kesibukan warga bergotong royong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Wayan Sudiarta mengatakan, Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Jembrana akan terus digelar secara rutin setiap bulan. “Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dan implementasi dari Pergub Bali No. 97 Tahun 2018 tentang mengurangi sampah plastik yang ada diseluruh Bali. Khusus di Kabupaten Jembrana, kegiatan ini dilaksanakan di 5 kecamatan. Hari ini kita laksanakan di Areal Pura Merta Sari yang menjadi pusat gotong royong. Selanjutnya akan disusul oleh kecamatan lain pada tanggal 3 Pebruari nanti.”, ujarnya.

Ditambahkan Sudiarta yang juga sebagai ketua panitia kegiatan gotong royong menegaskan, selama kegiatan ini berlangsung sampah-sampah yang bisa terkumpul sebanyak 25 kg untuk yang di Areal Pura Merta Sari saja. “Setelah sampah-sampah yang terdiri dari limbah plastik itu, nanti kita angkut dengan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada di Dusun Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara,"imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan mengatakan, program Bali resik ini merupakan arahan Gubernur Bali untuk bersih-bersih di lingkungan dan bebas dari sampah plastik. Tujuannya agar sampah plastik tidak lagi ditemukan dan mencemari lingkungan.

Dengan dilaksanakannya gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik, Kembang juga berharap seluruh warga masyarakat khususnya yang ada di kabupaten Jembrana untuk bersama-sama menjaga dan merawat Areal Pura Merta Sari yang merupakan salah satu Dang Kahyangan yang ada di Jembrana agar tetap bersih dan bebas dari sampah. “Untuk itu mari saling mengingatkan, tanamkan menjadi kebiasaan agar tidak membuang sampah sembarangan dan tidak lagi memakai plastik untuk meminimalisir adanya sampah plastik,” pungkas Kembang.(yogi/humas)

Kembali