Perayaan Imlek Bersama di Jembrana Dipusatkan Jalan Hasanudin

Untuk pertamakalinya, perayaan Imlek bersama di Jembrana akan dipusatkan dijalan hasanudin – Negara.
Jika sebelumnya Hari Raya Imlek selalu diperingati diwantilan, konco atau Vihara masing-masing , kali ini dipilih jalan hasanudin yang lokasinya persis disebelah barat Gedung Kesenian Bung Karno.

Perayaan nanti akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan kesenian dan budaya warga Tionghoa. Saat ini persiapan telah dimatangkan , termasuk memasang lampu lampion warna warni disi kanan kiri jalan Hasanudin . Hal itu disampaikan Wabup Kembang Hartawan saat menghadiri peringatan bertahtanya Yang Mulia Kong Co Tan Hu Cin Jin ke-XVII dan perayaan Tahun Baru Imlek di TTID Cung Ling Bio Kelurahan Banjar Tengah - Negara, selasa ( 4/2).

Turut hadir anggoata DPRD Bali dapil Jembrana I Ketut Sugiasa, Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa , para pemuka agama dan umat Tionghoa Jembrana , serta umat dari beberapa wilayah diluar Jembrana , seperti dari Banyuwangi , Besuki, Rogojampi, dan Buleleng. Total peserta melibatkan 250 orang

" Kita ingin berkah Imlek bisa dinikmati dan dirayakan segenap lapisan warga Jembrana . Tidak hanya berbagi kebahagiaan sekaligus untuk mendekatkan budaya , kita kenalkan secara langsung kekayaan dan keragaman yang ada di Jembrana . Ada perayaan cap go meh serta tarian barongsai yang bisa ditonton masyarakat dilokasi terbuka , “ ujar Kembang Hartawan .

Peringatan bersama itu rencananya akan digelar pada tanggal 9 pebruari 2020. “ Melalui kesenian kita juga inginkan tunjukkan bahwa keberadaan umat budha dan Tionghoa Jembrana betul-betul diterima dengan baik di Jembrana bisa diketahui khalayak ramai . Sehingga masyarakat tahu dan merasakan kebersamaan,” sambungnya .

Kesempatan itu Kembang juga mengajak umat menjaga keharmonisan yang telah berjalan agar tidak ada benturan dengan mengedepankan semangat toleransi. Jembrana saat ini meski heterogen dinilainya cukup kondusif . “ Saya ingin mengajak bapak – ibu sekalian , seluruh umat jangan mudah terprovokasi kabar hoaks. Pengalaman pilpres dan pileg lalu mengajarkan kita dewasa, bahwa hoaks diciptakan untuk mengadu domba dan memecah belah . Maka pintar-pintarlah memilah informasi, cek dulu kebenarannya , “ kata Kembang.

Sementara panitia peringatan Imlek , Budi Darma mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kerjasama semua pihak hingga peringatan HUT ke-17 bertahtanya Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin dirangkaiakan Perayaan Imlek bersama , berjalan baik dan lancar.

Terkait perayaan imlek bersama Ia mengatakan sengaja digelar ditempat terbuka, salah satunya untuk lebih mendekatkan diri antara etnis tionghoa diJembrana dengan masyarakat sekitar . “ Selain pertunjukan budaya , kita juga akan sediakan stand kuliner berisi makanan khas etnis tionghoa. Misalnya ada lontong cap go meh , dan menu lainnya ,”terangnya.

Sebagai panitia , kegiatan ini nantinya akan melibatkan warga etnis tionghoa yang berdomisili di Jembrana . Jumlah etnis tionghoa diJembrana mencapai 600 KK. “ jadi imlek ini peringatan tahun baru warga tionghoa. Kita berasal dari suku yang sama , kendati agamanya berbeda-beda. Saat acara nanti juga akan ada pemberian bantuan bagi warga kurang mampu , donasi dari para anggota , “ paparnya. ( abhi/humas )

Kembali