Membangun Jembrana dari Desa dan Kelurahan

Bersama Masyarakat Lanjutkan Pembangunan Jembrana

Bupati Artha Hadiri panen bersama Komoditas Ekspor Kakao

28 Jul 2020 - Posted by: humas (dilihat 29 kali)

Bupati Jembrana, I Putu Artha menghadiri acara panen bersama Komoditas Ekspor Kakao dan penyerahan PSBI ( program sosial Bank Indonesia) kepada UMKM Binaan kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Rabu (22/7) bertempat di Desa Eka Sari, Kecamatan Melaya.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Anggaota DPR RI komisi X1, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Kepala perwakilan BI Provinsi Bali,Trisno Nugroho, serta Forkopinda kabupaten Jembrana. Bantuan yang diberikan dari BI itu wujud sebagaian dari BI dalam menjaga kesetabilan rupiah.

Bank Indonesia (BI) senantiasa memberikan kontribusi nyata pada upaya – upaya penguatan daya saing ekspor nasioanal untuk memperkuat cadangan devisa. Identifikasi dan dukuntgan terhadap sektor-serktor ekonomi yang dapat meningkatkan ekspor terus diberikan oleh kantor Perwakilan Bank Indonesia di daerah.

Menurut Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali , Trisno Nugroho , dengan menerapkan metode budidaya organik, kakao Jembrana kini telah berhasil menembus sejumlah pasar ekspor antara lain ke Perancis dan Jepang. Hal ini tidak terlepas dari kualitas biji kakao Jembrana yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia di samping kakao dari Ghana dan Pantai Gading, serta mendapatkan pengakuan dari Cocoa of Excellence (sebuah LSM internasional pemerhati kakao dunia).

Dalam acara itu juga dilaksanakan panen bersama yang di ikuti oleh Wakil Guberur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati bersama Bupati Jembrana I Putu Artha serta Forkopinda guna memastikan kakao di Jembrana berkualitas. serta pembagian sarana prasana kepada kelompok tani kakao Merta Abadi seperti, Dua unit Sepeda roda tiga merk happy, serta alat pertanian diantaranya adalah cultivator,alat pemotong rumput, handsprayer aki, gunting galah dan ranting serta peralatan quality controldan timbangan elektrik.

Trisno Nugroho dalam sambutannya juga mengatakan pentingnya peran kakao Jembrana sebagai salah satu komoditas unggulan yang dapat menyokong daya saing ekspor sekaligus pengembangan ekonomi masyarakat dan petani untuk meningkatkan daya beli. Nugroho juga menyampaikan bantuan yang diberikan merupakan tindak lanjut dari bantuan sebelumnya.

“Kedepannya, Bank Indonesia masih akan melanjutkan program ini pada komoditas kakao di Jembrana. Keterlibatan dan partisipasi aktif petani serta dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana merupakan salah satu prasyarat keberhasilan program. Untuk itu Bank Indonesia akan memastikan sinergitas tersebut berjalan dengan lancar,” ujarnya

Bupati Jembrana, I Putu Artha mengatakan terimakasih kepada Bank Indonesia (BI) cabang Bali yang sudah membantu kabupaten jembrana dalam bidang kakao, maka dari itu Artha juga menekankan tidak dari awal saja akan tetapi sampai akhir pun harus dibantu sampai hasil nantinya di ekspor ke luar negri, karena pentingnya komoditas kakao dalam mengangkat perekonomian masyarakat di Jembrana ini. “Dengan luasnya lahan perkebunan di Jembrana yang masih potensial untuk dikembangkan, kiranya komoditas kakao ini masih dapat terus dikembangkan,” ujar Artha. (Adi HmsJbr)

Kembali

Posting Komentar
**
Berita Lainnya
Idul Adha, Bupati Artha Serahkan Hewan Qurban
Puncak Peringatan HAN Di Jembrana ,Bupati Artha : Momentum Tingkatkan Kepedulian Hak Anak
Tandai Peletakan Batu Pertama, TPA Peh Direvitalisasi
Rapat Paripurna Tatap Muka Pertama , DPRD Jembrana Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019
Bupati Artha Hadiri panen bersama Komoditas Ekspor Kakao
Desa Wisata Blimbingsari Berbasis Digital Diresmikan
3 Ranperda Disetujui, Bupati Artha Sampaikan Tanggapan Dewan

Berita OPD



Web Links
border='0'border='0'border='0'border='0'