Jumat Berbagi, Bupati Artha Bantu Warga Banjar Tengah Yang Rumahnya Roboh

Seperti hari jumat sebelumnya , Bupati Jembrana I Putu Artha kembali berkeliling menyantuni warganya yang kurang beruntung . Kali ini , jumat ( 20/11/2020) , Artha menyambangi tiga warga yang beralamat di Kelurahan Banjar Tengah Kecamatan Negara. Artha hadir Sebagai bersama Sekda I Made Sudiada serta beberapa pimpinan OPD teknis.

Pada kunjungan pertama , Artha menyambangi kediaman Gusti Ngurah Putu Wijaya, warga Lingkungan Tinyeb Banjar Tengah . Dihadapan Bupati Artha mengaku, dampak hujan lebat disertai angin cukup kencang, rumahnya hancur berantakan,” Ini semuanya(rumahnya) disebabkan hujan lebat disertai angin cukup kencang yang terjadi pada Rabu(18/11). Jelang petang rumah saya tiba-tiba roboh . Memang kondisi rumah ini sudah tua.Namun syukurnya saat musibah terjadi tidak ada yang orang didalamnya. Sehingga korban jiwa bisa terhindarkan , “ paparnya .

Ia mengatakan rumah yang sekaligus menjadi dapur itu sehari hari ditempati ibunya, Ni Komang Kari ( 66 ) tahun. Untuk itu, Ia berharap mendapat uluran bantuan dari pemerintah daerah . “ Mudah-mudahan bisa dibantu karena selama ini kondisi rumah kami memang tidak layak . Agar saat hujan tidak bocor lagi ,”harapnya.

Usai memantau kondisi bangunan rumah yang ambruk, Bupati Artha meminta Kadis PUPRKP secepatnya melakukan verifikasi , untuk bisa diusulkan mendapat bantuan. Artha menyatakan kondisi rumah itu memang sudah tidak layak untuk huni , sehingga dikhawatirkan membahayakan keselamatan penghuninya. “ Silakan didata agar cepat bisa diusulkan . Seperti didaftarkan untuk mendapat bantuan subsidi perumahan swadaya , “ bebernya.

Ia menambahkan , musibah memang tidak bisa diprediksi. Karena itu semua warga hendaknya berhati-hati apalagi saat ini iklim tidak menentu terutama saat musim hujan ini.

Di lokasi, Artha juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako serta peralatan dapur, yang diterima langsung oleh orang tua pemilik rumah .

Dilokasi berikutnya , Artha juga menjenguk warganya yang tengah sakit . Diantaranya , , I Nyoman Semadi(55) dan Ni Komang Susilawati(31). Keduanya mengalami kelumpuhan sehingga tidak dapat beraktifitas dengan normal.

Suami Ni Komang Susilawati yakni, Kade Suanjaya menuturkan, sejak melahirkan anak keduanya, istrinya mengalami sakit lumpuh hingga sekarang,”setelah beberapa bulan sejak melahirkan anak kedua, istri saya mengalami gangguan fisik. Pengobatan telah dilakukan diberbagai rumah sakit di Bali, namun istri saya ini kondisinya masih seperti sekarang. Hal itu kami alami sejak tahun 2016 hingga sekarang dimana istri saya ini hanya bisa duduk di kursi roda saja, ”ujarnya.

Khusus kepada 2(dua) warga yang sedang sakit, Bupati Artha minta kepada pihak kesehatan agar selalu melakukan pengecekan kehehatannya serta memfasilitasi jika sewaktu-waktu diperlukan,”saya minta para petugas kesehatan baik Dinas Kesehatan dan pihak Puskesmas agar memperhatikan kondisi warga secara rutin. Fasilitasi mereka jika diperlukan seqwaktu-waktu ke RSU yang dikehendaki. Kita harapkan kondisinya akan segera pulih kembali,”tegas Bupati Artha

Kepada warga kurang beruntung itu Artha juga memberikan bantuan sembako serta uang tunai untuk membantu mencukupi kebutuhan hidup sehari – hari .

Kembali