Bupati Artha Hadiri Pujawali Di Pura Dhang Kayangan Mertasari

Jembrana-Pujawali Ida Bethara Pura Dhang Kayangan Mertasari puncaknya bertepatan dengan Anggara Kasih Parang bakat(Selasa,15/12). Pada puncak karya ini, Bupati I Putu Artha beserta Ny. Ari Sugianthi Artha, hadir untuk menghaturkan sembah bhakti kehadapan Ida Bethara . Artha juga sempat menghaturkan punia untuk upakara yadnya yang diterima oleh ketua panitia, I Ketut Ariana.

Sebelum melakukan persembahyangan, ketua panitia, I Ketut Ariana mengatakan, piodalan di pura Dhang Kayangan Mertasari dilaksanakan sehari dengan tingkat upakara “Nyatur Rebah” dengan 3(tiga) bebangkit,”piodalan ini dilaksanakan apisanan(sehari). Artinya, pelaksanaan hanya kita laksanakan hari ini dimana pemedek hanya bisa melakukan persembahyangan hingga malam nanti karena piodalan di puncak ini langsung di sineb pada malam nanti,”ujarnya.

Menurut Ariana, selain piodalan di pura Dhangkayangan Mertasari juga dilaksanakan piodalan yang sama di 2(dua) pura lainnya yang masih satu kesatuan yakni, pura Beji dan pura Lesung Bata. ” Hari baik ini kita juga melaksanakan piodalan di pura beji dan pura Lesung bata. Kedua pura ini juga merupakan kesatuan dari pura Dhang Kayangan Mertasari termasuk prosesi upakaranya juga sama. Seluruh rangkaian pujawali ini dipuput oleh Ida Pedanda Kusara dari Grya Batu Agung, Negara, " tandasnya.

Pelaksanaan Piodalan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bupati I Putu Artha usai melakukan persembahyangan minta kepada semua pemedek untuk selalu taat untuk mematuhi protokol kesehatan saat melakukan persembahyangan,”pandemi Covid-19 masih belum mereda. kami minta kepada semua masyarakat khususnya para pemedek yang hendak tangkil(hadir) saat piodalan ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan kita selalu doakan kepada Ida Hyang Bethara di Pura Dhang Kayangan Mertasari ini agar kita(semua masyarakat) diberikan kesehatan dan keselamatan,”pungkasnya.

Kembali