Pekelem Serta Tabur Bunga Nanggala 402

Bupati Jembrana menghadiri upacara mulang pekelem serta tabur bunga di Labuan Lalang Kabupaten Buleleng, kamis (29/4). Acara yang turut dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati untuk mengenang jasa 53 prajurit yang gugur di Laut Utara Bali . Tampak juga hadir Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjutak ,Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra serta Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana. Sebelum tabur bunga, acara diawali pelaksanaan persembahyangan bersama sekaligus mendoakan prajurit yang telah gugur. Persembahyangan juga diikuti tokoh dari lintas agama.
Sementara dalam prosesi mulang pekelem dan tabur bunga, menggunakan perahu boat menuju ketengah perairan. Tampak hadir bersama jajaran pejabat dalam tabur bunga beberapa perwakilan dari keluarga korban. Secara filosofis melalui banten pakelem bentuk persembahan kepada sang hyang baruna sehingga diharapkan musibah serupa tidak terulang kembali.

Bupati Tamba mengatakan upacara tabur bunga sebagai penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur. Khususnya bagi para prajurit awak KRI Nanggala yang gugur saat menjalankan tugas. Ia juga mengucapkan rasa belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan serta turut prihatin dan mendoakan kepada keluarga ditinggalkan bisa tabah serta berharap tidak terulang lagi musibah yang sama.

Kembali