Sekda Jembrana Pimpin Rapat Pelaksanaan Tumpek Uye

Guna memantapkan pelaksanaan Perayaan Tumpek Uye di Jembrana, Sekda Jembrana, Drs. I Made Budiasa.,M.Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Pemasyarakatan Setda Kabupaten Jembrana, Drs. I Nengah Ledang meminpin rapat pelaksanaan Tumpek Uye pada Selasa (18/1) bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Bupati Jembrana.
Untuk tingkat Kabupaten Jembrana, perayaan Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi yang jatuh pada Sabtu (29/1) akan dilaksanakan di Bendungan Palasari,, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya.
Rangkaian kegiatan meliputi, kegiatan Niskala diantaranya penyucian danau dan otonan sarwa wewalungan, persembahyangan tumpek uye dan kegiatan Sekala berupa pelepasan 10 ribu ekor ikan ke Bendungan Palasari, pelepasan burung dan resik sampah di sekitar Bendungan.
Menurut Sekda Made Budiasa selaku penanggungjawab Perayaan Tumpek Uye tingkat Kabupaten Jembrana, Upacara Danu Kerthi yang merupakan visi Pembangunan Daerah Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, seiring dengan visi Kabupaten Jembrana Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana dimana salah satu misinya yaitu Danu Kerthi pelestarian dan pemanfaatan sumber-sumber air untuk kehidupan.
Perayaan Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi ini juga dilaksanakan di masing-masing desa dan kelurahan, desa adat, keluarga, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan dan swasta serta masyarakat.

Kembali