Bupati Dukung Pengerajin perluas pasar melalui Pameran Kriyanusa

Bupati Jembrana I Nengah Tamba turut hadir dan memberikan dukungannya atas penyelenggaraan pameran Kriyanusa 2022 yang digelar di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center ( JCC). Pameran itu diikuti pengerajin dan UMKM seluruh Indonesia termasuk pengerajin asal Jembrana , mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” berlangsung mulai tanggal 21-25 September 2022 .


Selain itu, bersama Ny Putri Suastini Koster turut menyaksikan peragaan busana karya para designer Bali yang digelar dekranasda Provinsi Bali.

Bupati mengatakan pameran ini sangat penting terutama bagi pengerajin asal Jembrana. Menurutnya, lewat Pameran Kriyanusa 2022 , membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda ,memberikan ruang pengerajin se Bali sekaligus mengasah kreativitas dan inovasi mereka agar dapat bersaing menampilkan produk kerajinan masing masing.

" Pameran ini penting karena banyak pelajaran yang didapat melalui event ini. Pengerajin dan UMKM bisa mengamati ragam motif, design, display dan tentu bagaimana cara menjual produknya," kata Bupati Tamba.

Melalui pameran Kriyanusa ini, bupati mantan Ketua Komisi III DPRD Bali berharap pengerajin dan UMKM Bali nantinya memiliki produk kerajinan dengan kualitas yang semakin baik, sehingga produk kerajinan daerah makin dikenal luas.



“ Ini upaya mendorong produk-produk kerajinan kita semakin dikenal luas . Saya juga berharap semeton semeton Bali dan Jembrana yang ada dijakarta memberikan dukungan dengan datang langsung kePameran Kriya Nusa di JCC karena banyak sekali produk kerajinan yang bagus bagus, " ujar Bupati Tamba ,kamis ( 22/9) di JCC Jakarta .


Lebih lanjut kata Bupati , dengan akan diresmikannya rumah Tenun Jembrana wujud dukungan bagi pengerajin dan UMKM di Jembrana.
Rumah tenun diharapkan menjadi wadah bagi para pengerajin Jembrana mengeksplorasi produk dan mendorong ide-ide kreatif dan inovatif.


" Pembangunan rumah tenuh kita menyiapkan tempat untuk menampung pengerajin Jembrana. Tinggal bagaimana mereka terus berinovasi ,menampilkan produk produk terbaik sehingga bisa dikenal dalam memasarkan produk produknya ," ucap Bupati Tamba.

Sementara pengerajin asal Jembrana dr Luh Wayan Sriadi peserta Pameran Kriyanusa 2022 mengatakan pameran ini terbesar yang digagas dekranas pusat yang pesertanya semua daerah diindonesia.

" Pameran ini peserta murni pengerajin bukan pedagang , jadi murni hasil karya anak daerah itu daya tariknya.
Selain itu pengerajin yang hadir menampilkan produk unggulan masing masing daerah sehingga selalu ramau dan beragam," tandasnya.


Penyelenggaraan Kriyanusa 2022 digagas oleh DEKRANAS pusat, diikuti oleh 147 peserta dari berbagai daerah dan didukung oleh lembaga lembaga pusat dan kementerian . Tidak hanya produk tenun , ikut ditampilkan produk kerajinan perak , songket, anyaman tas kulit kain l, produk produk fashion lainnya.

Kembali