Pemkab Jembrana Gelar Pelatihan Digital Leader Transformation

Guna mengawal perubahan dan pemanfaatan teknologi dengan cepat di berbagai sektor termasuk sektor pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Jembrana menggelar pelatihan Digital Leader Transformation yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Jembrana termasuk Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna. Pelatihan berlangsung jumat hingga sabtu ( 14-15 Oktober 2022) di Bedugul Bali.

Bupati Tamba mengatakan dengan mengikuti pelatihan Digital Leader Transformation diharapkan seluruh pimpinan dapat memahami bagaimana memanfaatkan digitalisasi dan lebih menggali potensi diri maupun jajarannya dalam mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Kita bersama seluruh kepala OPD mengikuti pelatihan Digital Leader Transformation untuk peningkatan kinerja dan beradaptasi dengan digitalisasi dan improvisasi menuju Jembrana Emas Tahun 2026," ucap Bupati Tamba ditemui usai mengikuti pelatihan, Sabtu (15/10) di Handara Golf & Resort Bali.

Sementara itu, Sekda Jembrana I Made Budiasa menyampaikan hal serupa. Ia berharap dengan pelatihan ini ada perubahan sikap para pemimpin dalam memaksimalkan potensi di perangkat daerahnya khususnya yang berkenaan dengan digitalisasi pelayanan publik.

"Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini ada perubahan sikap dan prilaku dalam rangka melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di Kabupaten Jembrana, karena semua kepala OPD sebagai leader harus nemiliki kualitas kepemimpinan yang terus ditingkatkan untuk mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia," harapnya.

Secara pribadi Sekda Budiasa juga mengungkapkan ada pengetahuan baru yang ia dapat dalam pelatihan tersebut, utamanya bagaimana menyiapkan diri sebagai pemimpin di era digital ini.

"Ada banyak hal-hal baru bahwa seorang digital leadership itu tidak harus ahli di bidang digital tetapi lebih kebagaimana seorang leader itu mampu memanage seluruh stakeholder yang ada di perangkat daerah untuk memahami apa itu digital, karena seiring perkembangan teknologi kita harus menjadi adaptif leader yang mempunyai kepekaan untuk beradaptasi dengan lingkungan," pungkasnya.

Selain itu juga, dalam kesempatan tersebut Bupati Tamba juga melaksanakan Rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Jembrana untuk mengetahui realisasi anggaran di Tahun 2022 dan mengetahui permasalahan yang mengakibat adanya anggaran yang belum dapat direalisasikan. Selain itu, Bupati Jembrana juga mencari potensi-potensi sumber pendapatan dari berbagai sektor serta optimalisasi sumber PAD yang selama ini belum dapat berjalan secara maksimal.

Kembali