Jembrana Sabet Penghargaan Smart City 2022

Humas Jembrana - Pemkab Jembrana meraih penghargaan atas capaian penyelesaian penyusunan dokumen Masterplan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerepan kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam acara Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Bupati Tamba mengungkapkan capaian Kota Cerdas (Smart City) yang diperoleh saat ini adalah kesuksesan bersama Pemerintah dan masyarakat Jembrana. Pihaknya mengatakan dengan pemanfaat teknologi dalam pelaksanaan pemerintahan di Jembrana, tentu akan mempertinggi efisiensi serta dapat memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Dengan tersusunnya, masterplan Jembrana Smart City, ada dua hal yang harus kita lakukan yakni penuntasan pembangunan infrastruktur infokom dan pengembangan SDM agar bisa dicapai seluruh dimensi smart city, antara lain smart governance, smart economy, smart environment, smart branding dan smart living di Jembrana," harapnya.

Lebih lanjut, ia menyebut dalam penyusunan dokumen Masterplan ini juga telah disinkronkan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Jembrana 2021-2026.

“Apa yang dituangkan pada masterplan tersebut semuanya sudah sejalan dengan visi-misi pembangunan di Jembrana. Untuk itu kepada seluruh perangkat daerah agar dapat melaksanakan seluruh program cerdas yang telah ditetapkan dalam masterplan smart city. Hal tersebut sangat penting, mengingat kita di Jembrana saat ini mengusung tagline Jembrana Emas 2026, kesuksesan implementasi Smart City ini menjadi salah satu indikator untuk mencapai tujuan Jembrana Emas 2026 itu," ucapnya

Tak lupa, Bupati juga mengungkapkan keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan di Jembrana, yang sedari awal bersama-sama berkomitmen untuk memajukan kabupaten Jembrana khususnya bagaimana mewujudkan Jembrana Smart City.

“Kita di Jembrana bersama jajaran Forkopimda, seluruh ASN serta Kepala Desa/Lurah bersama-sama telah menandatangi komitmen pengembangan smart city. Ini menandakan mulai dari tingkat paling bawah sudah sejalan dan seirama dengan tujuan yang sama yakni, mewujudkan masyarakat jembrana yang bagaia,"ungkapnya.

Disisi lain, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jembrana I Made Yasa menuturkan kabupaten Jembrana mendapatkan penghargaan karena telah berhasil menyusun Masterplan Smart City di Tahun 2022.

“Kami sudah menyelesaikan pelaksanaan bimtek 1 hingga bimtek 4 dan sudah menyelesaikan penyusunan Masterplan. Itulah kenapa Jembrana diberikan penghargaan dari Kementerian Kominfo, ” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI Samuel Abrijani Pangerepandalam sambutannya menyampaikan untuk mendorong penerapan dan pengembangan smart city melalui Gerakan Menuju Smart City, Kementerian Kominfo fokus pada enam pilar, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people dan smart environtment.


“Gerakan Menuju Smart City adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, Kementerian Kominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city,” jelas Menteri Johnny.

Disamping Kabupaten Jembrana, terdapat 49 kabupaten/kota lain se-Indonesia yang juga memperoleh penghargaan dari Kominfo RI atas capain penyelesaiaan dokumen Masterplan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 dan 7 kabupaten/kota memperoleh penghargaan atas implementasi program Kota Cerdas (Smart City) tahun 2021-2022.

Kembali




Berita OPD

TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN DAERAH, PEMERINTAH...

Selasa, 17 Januari 2023 Memperhatikan perkembangan situasi dan regulasi terkini terkait perubahan struktur organisasi dengan diterbitkannya Peraturan...

JADWAL HUT KOTA NEGARA TAHUN 2022...

...

Talkshow Mitigasi Bencana Bersama RRI Singaraja...

Sebagai tindak lanjut kerjasama Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Singaraja, kembali menggelar Talkshow dengan t...

Pemkab Jembrana Raih Anugrah Keterbukaan Informasi...

Pemerintah Kabupaten Jembrana meraih dua Predikat Informatif dalam Keterbukaaan Informasi Publik Tahun 2021 dalam ajang Anugrah Keterbukaan Informasi ...

Diskominfo ikuti rapat sosialisasi Anugerah Penyia...

Rapat ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 dengan agenda sosialisasi Anugerah Penyiaran Bali 2021 secara daring. Adapun peserta yang me...

Dinas Kominfo Kab. Jembrana menandatangani MoU den...

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Jembrana tentang Pelaksanaan Kegiatan...