Bupati Bandung ingin Tiru program Layanan Kesehatan di Jembrana

Jembrana - Kabupaten Jembrana sebagai salah satu pemberi pelayanan kesehatan terbaik menjadi daya tarik Bupati Bandung, Dadang Supriatna melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten Jembrana. Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Dadang mengajak serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bandung yang disambut hangat oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Sekda I Made Budiasa serta pimpinan OPD terkait.

Ketertarikan Bupati Dadang dengan program layanan kesehatan di kabupaten Jembrana, diungkapkannya ditemui usai acara ceremonial penyambutan di Sentra Tenun Jembrana, Jumat (27/1).

"Tahun 2000 saya pernah kesini saat menjadi kepala Desa, sehingga saya merasa rindu dengan Jembrana, disamping itu juga saya dengar kabupaten Jembrana salah satu pelaksana pelayanan kesehatan yang terbaik. Karena sudah dibebaskan semuanya, tidak ada pungutan atau apapun, sehingga masyarakat terlayani kesehatannya," ungkap Bupati Dadang.

Program-program layanan kesehatan di Jembrana, dikatakannya menjadi inspirasinya untuk menyusun program layanan kesehatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. "Ini menjadikan inspirasi saya, insyaallah nanti di kabupaten kita, akan kita terapkan," ucapnya.

Sementara, Bupati Tamba dengan senang menyambut kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Bandung. Kabupaten Jembrana dikatakannya telah menerapkan Universal Health Coverage untuk memberikan Jaminan layanan kesehatan bagi masyarakatnya.

"Saya merasa bahagia atas kunjungan Bupati Bandung beserta seluruh jajaran OPD Pemkab Bandung, karena hari ini beliau merasa terkesan dengan cara kita memberikan layanan kesehatan dengan sistem UHC (Universal Health Coverage) karena memang kita sudah mencapai 99 persen," ucapnya.

Selain itu, berbagai dukungan layanan kesehatan lainnya untuk memudahkan dan mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat juga telah dilaksanakan. Seperti layanan ambulance gratis melalui aplikasi JES (Jembrana Emergency Service), layanan kunjungan tenaga medis ke rumah pasien, serta adanya layanan SINAR BAHAGIA (Sistem Antar Obat Sampai Rumah Pasien Cegah Antrian).

"Disamping itu juga ada bentuk-bentuk pelayanan lain seperti layanan JES (Jembrana Emergency Service), ada Halo Dokter, ada juga layanan untuk warga jompo atau lansia yang tidak perlu lagi antre di dokter, tetapi petugas kesehatan yang datang ke rumahnya dan ini memberikan suatu kemudahan pendekatan layanan kita kepada masyarakat," jelasnya.

Selain layanan kesehatan, dukungan lainnya yang dilaksanakan oleh Pemkab Jembrana dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat terutama bagi lansia kurang mampu yaitu dengan memberikan bantuan makanan gratis bagi lansia miskin.

Kembali