Bantu umat di Tulungagung , bupati Jembrana gugah semangat gotong royong pembangunan pura

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menggugah kepedulian umat sedharma untuk bersama sama ikut membantu pembangunan pura di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Penggalangan donasi secara tulus iklas serta peran gotong royong itu diperlukan guna meringankan beban semeton hindu di Kabupaten Tulungagung . Dengan jumlah umat hanya 200 KK tersebar diseluruh wilayah kabupaten tentu memiliki kesulitan tersendiri, khususnya soal pendanaan.

" Sebagai sesama umat hindu, tentu kita di jembrana akan turut membantu pembangunan pura disini. Begitu juga saya yakini dengan kabupaten lain di bali, maupun provinsi . Mari bersama - sama membantu umat hindu yang ada disini. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membantu," kata Tamba usai menghadiri persembahyangan di Pura Penataran Luhur
Candi Dadi Tulungagung, sabtu ( 4/3).

Saat hadir , bupati mendapat sambutan hangat masyarakat umat hindu setempat.

Turut juga hadir Nyoman Anom Mediana selaku Ketua PHDI Jawa Timur, pengurus PHDI Kabupaten . Saat itu ,Bupati Tamba mengungkapkan kekagumannya akan semangat umat hindu di Jawa Timur.
Dengan jumlah umat yang tidak banyak justru kompak, dilandasi semangat kekeluargaan serta gotong royong.
Bupati melihat langsung , saat ini mereka sedang menyelesaikan pembangunan fisik Pura Penataran Luhur
Candi Dadi Tulungagung secara bertahap.



" Terpenting semangat gotong royong dan senantiasa rukun ini harus terus dipertahankan .Kita ciptakan jiwa swadaya dan gotong royong agar pemerintah disini, masyarakat umat sedharma lainnya juga bisa melihat bagaimana perjuangan kita sehingga terketuk hatinya," ungkapnya .


Terpenting kata Bupati , warga harus mau berjuang dulu sehingga jiwa untuk memiliki itu tinggi . Selain itu akan punya tanggungjawab bahwa pura yang ada disini akan juga menjadi tempat persembahyangan bagi anak cucu kelak.

" Itu yang akan menjadi kebanggaan kita bersama yang ikut terlibat dalam pembangunan pura ini," tegas Bupati .

Disisi lain Ketua Panitia Pembangunan Pura
I Nyoman Suarma mengatakan dalam pembangunan itu ada sejumlah kendala, utamanya soal pendanaan .
Bantuan itu untuk kebutuhan pembangunan padmasana yang saat ini masih berlangsung . Ia turut meminta doa umat sedharma , agar padmasana yang dicita citakan umat hindu Tulungagung bisa segera terwujud.

" Mudah mudahan bangunan pura yang sudah lama ditunggu tunggu oleh umat kita bisa segera terwujud. Suksma atas kedatangan bapak bupati Jembrana sebagai tambahan motivasi bagi kami," ucapnya .

Sebelumnya perjalanan spiritual bupati Jembrana juga sempat melaksanakan persembahyangan di beberapa pura yang berada di wilayah Jawa Timur.
Dimulai dari Pantai Ngliyep Gunung Kumbang Kabupaten Malang, Pura Saptoargo Sido Langgeng Blitar, dan diakhiri di Pura Penataran Luhur Candi Dadi Kabupaten Tulungagung.

Diketiga pura itu Bupati I Nengah Tamba yang didaulat Dewan Pembina Umat Hindu di Jawa Timur di sambut hangat oleh masyarakat umat Hindu setempat serta melaksanakan silaturahmi .

Kembali