Jembrana Rayakan Tumpek Uye Secara Sekala dan Niskala

Jembrana - Perayaan Tumpek Uye atau Tumpek Kandang di kabupaten Jembrana diperingati secara sekala dan niskala yang berpusat di Pura Segara Desa Yehkuning, Kecamatan Jembrana, Sabtu (25/3).

Secara sekala dilakukan melalui vaksinasi rabies, pengobatan hewan, dan mereresik (membersihkan) pantai. Sedangkan niskala dilakukan upacara segara kerthi meliputi pecaruan, mapekelem ke tengah laut serta persembahyangan bersama.

Tumpek Uye yang jatuh setiap enam bulan sekali yaitu pada Saniscara Kliwon Wuku Uye itu diikuti langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wabup IGD Ngurah Patriana Krisna, Forkopimda, jajaran OPD Pemkab Jembrana, serta masyarakat desa adat sekitar.

Usai persembahyangan, Bupati Tamba mengungkapkan perayaan Tumpek Uye dimaknai untuk memuliakan hewan atas manfaat yang diberikannya kepada manusia. "Hari ini kita seluruh umat sedarma merayakan Tumpek Uye sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta serta belajar bagaimana seharusnya umat dapat menjaga alam, sehingga keharmonisan antara alam dan manusia terjalin dengan baik,"ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Jembrana Made Tarma menjelaskan upacara Tumpek Uye ini dilaksanakan secara sekala dan niskala dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat desa adat. "Secara sekala selain melakukan bersih- bersih di pantai juga sudah dilaksanakan vaksinasi rabies dan pengobatan bagi hewan yang melibatkan tim vaksinator dari Dinas Pertanian dan Pangan,"ucapnya.

Kemudian secara niskala melalui upacara pecaruan dan persembahyangan bersama. "Untuk banten menggunakan palegembal caru manca sanak, dengan pakelem bebek selem ayam selem yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh,

Kembali