Wabup Ipat Muspayang Bhakti Pengayar di Pura Luhur Pucak Petali

Jembrana - Wabup IGN Patriana Krisna (Ipat) muspayang bhakti penganyar di Pura Luhur Pucak Petali Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Jumat (21/4). Nampak hadir pula Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati serta seluruh pemedek.

Dalam bhakti pengayar yang dipuput oleh Jero Mangku Pura setempat, persembahyangan berlangsung dengan lancar dan khidmat.


Usai melaksanakan persembahyangan, Wabup Ipat menjelaskan pelaksanaan Bhakti Penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Luhur Pucak Petali, sekaligus memohon keselamatan, serta kesejahteraan alam semesta.

“Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Luhur Pucak Petali agar menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Wabup Ipat juga berharap masyarakat yang sedang menggelar upacara yadnya ini nantinya bisa menjaga semangat gotong-royong dan perkuatan pasemetonan. Niat tulus ikhlas untuk ngayah di Pura juga harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

“Jaga semangat gotong-royong dan perkuatan pasemetonan dalam melaksanakan upacara yadnya,”harap Wabup Ipat.

Usai melaksanakan sembah bakti, Wabup Ipat juga menghanturkan punia sebagai wujud srada bakti kehadapan Ida Bhatara Sesuhunan yang berstana di Pura ini.


Sementara itu, Ketua Panita I Wayan Yasa mengatakan pujawali di Pura Luhur Pucak Petali ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali atau tepatnya jatuh setiap buda kliwon ugu.

“Puncak Pujawali sudah dilaksanakan pada hari Rabu (19/4). Sedangkan untuk penyinebannya akan dilaksanakan pada Sabtu (22/4) ,

Kembali