Profil Daerah Kabupaten Jembrana 2011

07 Mar 2012 Posted By: bapeda (dilihat 73260 kali)



1.1 Latar Belakang
Untuk menindak lanjuti diberlakukannya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 maka dalam pelaksanaan otonomi daerah yang harus nyata dan bertanggung jawab baik dalam urusan pemerintahan maupun dalam pengelolaan pembangunan termasuk didalamnya upaya menggali sumber-sumber pembiayaan sendiri maka diperlukan langkah yang komprehensip untuk merestrukturisasi pemerintahan dan pola pembangunan. Maka dari itu diperlukan pemerintahan daerah yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Maka dari itu dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah agar dapat mengelola potensi dan sumber daya daerah, perlu disusun profil daerah yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi yang terus berkembang dalam rangka pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan di tingkat daerah maupun pusat, yang kemudian dapat berimplikasi kepada peningkatan kualitas SDM daerah dan pengembangan manajemen pengelolaan data dan informasi di daerah dapat terlaksana dengan lebih baik.
Supaya dapat memberikan hasil yang optimal terhadap kemampuan daerah dalam mengembangkan wilayahnya, diperlukan suatu gambaran yang komprehensip mengenai wilayahnya sendiri. Melalui gambaran wilayah yang tersusun dengan baik, pemerintah daerah dapat menentukan arah perkembangan dan invetarisasi sumber daya yang tersedia pada wilayahnya. Untuk lebih mempermudah informasi gambaran wilayah Kabupaten Jembrana secara umum, maka perlu disusun suatu kompilasi data dan informasi yang dapat memberikan kemudahan dalam membaca maupun untuk mengaksesnya.
Dalam konteks pengembangan Kabupaten Jembrana, penyusunan Profil Daerah dapat menjadi suatu entry point penting dalam rangka perencanaan dan pemanfaatan pembangunan Kabupaten Jembrana secara terpadu. Melalui penyusunan Profil Daerah diharapkan dapat menjadi sarana teknis dalam pelaksanaan program pembangunan antara lain untuk menilai gambaran fisik dan sifat-sifatnya serta untuk menilai tingkat pemanfaatan lahan, sumber daya alam, dan masalah lingkungan. Selain itu juga dapat digunakan untuk menilai gambaran potensi alam, manusia, dan hasil kegiatannya.

selengkapnya download berkas terkait

Cover-Profi-Jembrana-2011
Daftar-Isi
Bab-1-Pendahuluan
Bab-2-Kondisi Fisik dan Lingkungan
Bab-3-Kondisi-Pemerintahan-Umum
Bab-4-Kondisi-Sosial-Budaya
Bab-5-Kondisi-Sumber-Daya-Alam
Bab-6-Kondisi-Pelayanan-Publik
Bab-7-Kondisi-Infrastruktur
Bab-8-Kondisi-Ekonomi
Bab-9-Potens-Investasi
Data-Indeks

Kembali