Menjadi Orangtua Hebat dalam Mengasuh Anak

20 Mei 2015 Posted By: ppkb (dilihat 13771 kali)



Menjadi orangtua bukanlah hal mudah, tapi juga bukan hal yang tidak bisa dilakukan. Menjadi orangtua yang hebat bisa dilakukan asalkan mengetahui syarat-syarat untuk bisa menjadi orangtua hebat.

- Tahu dimana anak berada, siapa yang bersama mereka, siapa yang bertanggung jawab saat itu, tahu apa yang mereka kerjakan di sana dan tahu kapan mereka akan pulang. Hal ini terutama diperlukan untuk anak remaja.
-Mengetahui siapa saja teman-teman anak Anda sangatlah penting. Lingkungan dapat membentuk mereka. Jadi Anda perlu tahu siapa yang memberi dampak besar buat mereka, siapa yang sering menghabiskan waktu bersama mereka, dan ketahui juga orangtua teman-teman anak Anda.
-Ajarkan padanya cara menghormati orang-orang yang patut dihormati seperti orangtua, orang yang sudah tua, maupun guru. Pastikan mereka mempunyai sikap yang benar sehingga tidak kasar baik secara verbal maupun perbuatan.
-Pastikan bahwa anak Anda mendapatkan asupan makanan bergizi. Otak dan pertumbuhan tubuh mereka perlu mendapat perhatian dan nutrisi yang baik.
-Ajarkan mereka pengetahuan seks. Ajak mereka berbincang-bincang secara terbuka dan jujur mengenai seks dan apa dampaknya jika mereka melakukannya sebelum pernikahan.
-Persiapkan anak Anda saat memasuki dunia orang dewasa. Berdiskusilah dengan mereka tentang obat-obatan terlarang, alkohol, uang, tabungan, dan lain sebagainya. Siapkan mereka agar tidak bingung menghadapi dunia kerja juga.
-Selalu konsisten dan ajarkan hal itu pada anak. Pastikan anak Anda tahu konsekuensi apa yang mereka terima jika melakukan hal-hal yang baik ataupun buruk – setiap waktu, secara konsisten.

Kembali