Sosialisasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) Kabupaten Jembrana Tahun 2018

07 Mar 2018 Posted By: pad (dilihat 4912 kali)



Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) adalah upaya untuk peningkatan kesadaran lembaga negara dan penyelenggara pemerintahan daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya kearsipan, prasarana dan sarana, pengelolaan arsip serta pendanaan kearsipan. Tujuan diselenggarakannya GNSTA antara lain mendorong Penyelenggara Pemerintah Daerah untuk mewujudkan tertib: 1) kebijakan kearsipan; 2) organisasi kearsipan; 3) sumber daya manusia kearsipan; 4) pengelolaan prasarana dan sarana kearsipan; 5) pelaksanaan pengelolaan arsip; dan 6) penyediaan dan penggunaan dana kearsipan secara efektif dan efisien.

Guna menyukeskan Program GNSTA, pada tahun 2018 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana telah mengirimkan pedoman pengelolaan arsip dalam mewujudkan norma, standar, kriteria, dan prosedur kearsipan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Jembrana. Pedoman tersebut akan menjadi dasar bagi seluruh OPD dalam mengelola arsip-arsip (dinamis dan statis) yang dimiliki agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk desa/kelurahan, akan dilaksanakan sosialisasi GNSTA yang akan dilaksanakan pada Bulan April sampai dengan Oktober 2018, melibatkan 30 orang peserta yang berasal dari Staf Desa, LPM, dan PKK.

Dalam melakukan sosialisasi Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana membentuk Tim Sosialiasi GNSTA. Tim tersebut memiliki tugas merencanakan dan mengkoordinasikan rencana kegiatan sosialisasi pengelolaan arsip; menyiapkan prasarana dan sarana pendukung sosialisasi gerakan nasional sadar tertib arsip; melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang GNSTA; dan melaporkan hasil pekerjaan kepada Kepala Dinas.

Melalui Sosialisasi GNSTA ini, kami berharap dapat mewujudkan tertib arsip sebagai program prioritas pada penyelenggara pemerintah daerah sebagai arus utama dalam pengelenggaraan pemerintahan. #Demi Jembrana… Kita Bisa

Kembali