Kegiatan Sosialisasi Literasi Digital pada SMA,SMK,Madrasah di Kabupaten Jembrana

11 Apr 2019 Posted By: kominfo (dilihat 669 kali)



Kegiatan Literasi Digital ini diadakan pada hari ini Kamis, 11 April 2019 secara bertahap yang dimana lokasi hari ini yakni di SMAN 2 Mendoyo dan SMAN 2 Negara dengan narasumber dari Dinas Kominfo Jembrana dan Dosen STIKI serta dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan,SE,MM.
Literasi digital ini mencakup pemahaman tentang web dan mesin pencari. Pemakai memahami bahwa tidak semua informasi yang tersedia di web memiliki kualitas yang sama. Dengan demikian pemakai lambat laun dapat mengenal lagi situs web mana yang handal, serta situs mana yang tidak dapat dipercaya. Dalam literasi digital ini pemakai dapat memilih mesin pemakai yang baik untuk kebutuhan informasinya, mampu menggunakan mesin pencara secara efektif ( misalnya dengan “advanced search”). Singkatnya literasi digital adalah himpunan sikap, pemahaman keterampilan menangani dan mengkomunikasikan informasi dan pengetahuan secara efektif dalam berbagai media dan format.
Literasi digital ini didefinisikan sebagai kemampuan memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai format dari sejumlah besar sumber daya tatkala sumber daya tersebut disajikan melalui komputer. Dengan perkembangan internet, maka diharapkan para murid SMA/SMK tidak perlu tahu atau tidak memperdulikan dari mana asalnya informasi, yang penting mereka dapat mengaksesnya.

Kembali