Pemerintah Kabupaten Jembrana Menerima Penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020

18 Des 2020 Posted By: admin (dilihat 1401 kali)



Pemerintah Kabupaten Jembrana Bali dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan Drs. I Nengah Ledang menerima penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Bali dalam acara penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Jembrana meraih peringkat V dalam Pemerintah Daerah Tingkat Kab/kota se-Provinsi Bali sebagai Badan Publik dengan kategori "Menuju Informatif" bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Kamis (17/12).

Kadis Kominfos Bali, Gede Pramana saat membacakan sambutan Gubernur Bali mengatakan, Keterbukaan Informasi Publik merupakan upaya untuk memberikan tempat utama bagi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Diterbitkannya undang-undang tersebut pada pada era reformasi dan kemudian berdiri Komisi Informasi pada tahun 2010 yang menegaskan bahwa sebagai negara demokrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin hak masyarakat dalam memperoleh informasi.

Adapun 12 penerimaan penganugerahan keterbukaan informasi publik dari Pemkab Jembrana yang merupakan pemberian informasi secara terbuka dan transparan kepada masyarakat Jembrana dari tingkat dinas hingga tingkat desa dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat yaitu Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kecamatan Negara, Kecamatan Melaya, Desa Pengambengan, Desa Blimbingsari, Desa Tukadaya, Desa Baluk, Kelurahan Lelateng, Kelurahan Tegalcangkring.

"Penganugerahan Keterbukaan Informasi publik ini berlaku untuk 2 tahun dimulai dari tahun 2020 hingga tahun 2021" ujar Ketua KI Provinsi Bali, I GAGA Widiana Kepakisan.

Kadis Kominfos Bali, Gede Pramana mengatakan bahwa "Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan sebagai tujuan untuk mewujudkan perkembangan sebuah negara". Oleh sebab itu dirinya berharap penghargaan yang diberikan merupakan acuan bagi kita untuk bisa menjadikan data yang akurat dalam mendukung informasi di era globalisasi ini. Dengan demikian informasi akurat dari pemerintah akan lebih mudah diakses oleh masyarakat di setiap wilayah sesuai dengan visi misi Gubernur Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Dengan demikian dirinya sangat mengapresiasi dan mengucapan terima kasih kepada Komisi Informasi Provinsi Bali dan perangkat daerah Provinsi Bali atas kerjasamanya.

Kembali