Dinas Kominfo Kab. Jembrana mengikuti acara launching Baliprov-CSIRT

06 Mei 2021 Posted By: admin (dilihat 2328 kali)



Acara ini diikuti oleh seluruh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Bali pada tanggal 5 Mei 2021, pukul 09.00 WITA, bertempat di Padma Resort Legian Kuta

Duduk sebagai koordinator BALIPROV-CSIRT adalah Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali dan konstituennya adalah seluruh Kepala Perangkat Daerah yang ada di lingkup Pemerintah Provinsi Bali, Computer Security Incident Response Team Provinsi Bali (BALIPROV-CSIRT) secara umum adalah mengkoordinasikan dan mengkolaborasikan layanan keamanan siber serta membangun kapasitas sumber daya keamanan siber pada Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa keberadaan CSIRT sangat penting untuk melindungi data, identitas dan administrasi dari ancaman kejahatan dunia maya yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan dibentuknya satu tim yang berkompeten juga dimaksudkan dapat membantu pemerintah dalam mengelola kerahasiaan daerahnya yang berkepentingan di dalam mendukung pembangunan dan masyarakatnya.

Seluruh informasi terkait dengan profil dan layanan BALIPROV-CSIRT sudah dapat diakses oleh publik di alamat csirt.baliprov.go.id.

Untuk mendukung program nasional sekaligus meningkatkan perlindungan data, maka pemerintah Provinsi Bali menggunakan sistem berbasis elektronik yang dibantu oleh BSSN sebagai institusi negara yang memiliki tugas pemerintahan untuk menjaga dan melindungi keamanan siber milik pemerintah.

Selain secara virtual yang dihadiri oleh Bupati/Walikota se-Bali dan daerah lain di Indonesia, launching BALIPROV-CSIRT juga dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Mayjen TNI Yoseph Puguh Eko Setyawan, yang sekaligus menyerahkan Surat Tanda Registrasi CSIRT kepada Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra.

Kembali