Makepung Jembrana Cup, IJOGADING BARAT MENANG TIPIS

Warisan Budaya Nasional yang menjadi kebanggaan masyarakat Jembrana yaitu Makepung, kembali di gelar, Minggu (14/11) pagi di Sirkuit Samghyang Cerik Desa Tuwed Kecamatan Melaya, Jembrana. Jika pada Agustus lalu, digelar Makepung memperebutkan Piala Bergilir Bupati Jembrana, maka pada kali ini diperebutkan Piala Pemkab Jembrana. Selain memperebutkan Piala Pemkab Jembrana, pemenang juga disiapkan hadiah uang senilai total Rp. 135 juta.

Dalam kompetisi berupa balapan kereta kerbau alias Makepung Jembrana Cup antara dua blok yang selalu berseteru yaitu Blok Ijogading Barat dan Ijogading Timur ini. Blok Ijogading Barat menang tipis terhadap lawannya Blok Ijogading Timur. Ijogading Timur hanya terpaut tiga point dari Ijogading Barat, yaitu 29 point untuk Ijogading Barat, dan 26 point untuk Ijogading Timur. Ini menunjukkan bahwa persaingan antar kedua blok makin ketat setiap tahunnya.

Selain mencari skor bagi kedua blok, dalam Makepung Jembrana Cup 2015 ini, juga dicari juara pavorite. Juara pavorite satu diraih oleh Yogi Mahardika asal Banjar Sumbersari, Melaya. Bupati Jembrana I Putu Artha yang menyaksikan Makepung Jembrana Cup sejak start hingga finish, mengaku bangga dengan kebersamaan dan kerukunan sekaa makepung kedua blok. Selain mampu melestarikan tradisi makepung, Sekaa Makepung Jembrana juga tidak pernah rebut, meskipun selalu bertanding duel. “ Sportifitas kedua blok sangat tinggi “ kata Artha.

Perkembangan anggota Sekaa Makepung di kedua blok setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jika tahun sebelumnya rata-rata berjumlah seratusan pasang tiap blok, pada tahun 2015 ini jumlahnya meningkat tajam mencapai 170 pasang setiap blok. Peningkatan ini menunjukkan masyarakat Jembrana makin menggemari tradisi Makepung, yang kini telah menjadi warisan budaya nasional. Peningkatan ini pun memicu Bupati Artha meningkatkan perhatiannya. Tahun depan ia akan meningkatkan jumlah hadiahnya dari Rp. 135 juta menjadi Rp. 180 juta. Tidak itu saja, Artha juga akan membangun sirkuit permanen untuk Tradisi Makepung ini. Sirkuit permanen tersebut akan berlokasi di Kelurahan Sangkaragung, Jembrana. (her.hmj)

Kembali