PANCA PRASETYA KORPRI DILOMBAKAN

Lima butir janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) alias Panca Prasetya Korpri yang biasanya dibacakan setiap Upacara PNS di lingkungan pemerintahan. Senin ( 16/11) pagi dilombakan di Lapangan Taman Pecangakan Jembrana. Sebanyak 16 peserta di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana mengikuti perlombaan tersebut. Mereka adalah para staf PNS yang berasal dari badan, dinas, kantor dan bagian di lingkungan Pemkab Jembrana, termasuk perwakilan dari RSU Negara.

Diantara peserta yang berlomba sebagian besar sudah pernah tampil dalam upacara – upacara besar yang rutin dilaksanakan setiap bulan, termasuk upacar peringatan hari nasional di Jembrana. Meski begitu, saat pembacaan Panca Prasetya Korpri dilombakan, satu peserta ada yang grogi terutama saat mengambil posisi pembacaan. Pasalnya tiga orang juri yang berasal dari kalangan pendidik berada di posisi yang berbeda-beda, sehingga salah satu peserta ini bingung harus menghadap juri yang mana. Setelah bolak-balik, akhirnya ia memutuskan untuk menghadap penonton.

Selain lomba pembacaan Panca Prasetya Korpri pada hari dan tempat yang sama, juga digelar lomba sebagai pemimpin upacara. Khusus lomba ini, pesertanya adalah pejabat eselon III/b. Sebanyak delapan pejabat eselon III/b mengadu bakat dan kemampuannya sebagai pemimpin upacara. Mulai dari cara berjalan, melapor dan menghormat. Meski terik matahari cukup menyengat di Lapangan Taman Pecangakan, para pejabat ini tetap bersemangat mengikuti lomba.

Menurut salah seorang juri Elly Kristini, untuk lomba pembacaan Panca Prasetya Korpri yang dinilai selain ketegasan membaca dan intonasinya, juga cara melangkahnya. Begitu juga dengan dengan lomba sebagai pemimpin upacara, ketegasan dan kejelasan kata-kata juga menjadi kriteria penilaian, selain itu kemampuan baris- berbaris juga menjadi penekanan penilaian.

Kedua jenis lomba tersebut, diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Korpri yang ke 44 dan Hari Ulang Tahun PGRI yang ke 70 Tahun 2015 di Kabupaten Jembrana. (02.hmj).



Kembali