Peringati Hari Kartini dan HKG PKK ke 44 Bupati Artha : Jadikan Kartini Sumber Inspirasi

Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan salah satu sosok pejuang perempuan Indonesia yang tanpa pamrih menjadikan kaumnya agar mempunyai hak yang sama dengan kaum laki-laki. Atas perjuangannya, emansipasi kaum perempuan setara dengan laki-laki. Menjadikannya sebagai sumber inspirasi kaum perempuan dalam memainkan peranannya di seluruh aspek kehidupan. Dalam semua bidang pembangunan, khususnya dalam pemberdayaan kaum perempuan itu sendiri.Hal tersebut diungkapkan Bupati Jembrana I Putu Artha saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Kartini yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44 di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, (21/4)

Bupati Artha menambahkan saat ini kaum perempuan memiliki posisi strategis bukan hanya sebagai pendamping suami, membantu mencari nafkah, bermasyarakat, namun lebih dari itu perempuan diharapkan mampu menjadi pilar pembangunan dalam upaya revolusi mental bangsa, mampu sebagai agen perubahan demi terwujudnya kwalitas diri, masyarakat dan bangsa. Khususnya di kabupaten Jembrana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti ,menurunkan kemiskinan menurunkan angka kematian ibu dan bayi,peduli terhadap lingkungan bersih dan sehat, memperhatikan para remaja dari penyakin menular seksual HIV/AIDS, narkoba,perkawinan diniserta penyalahgunaan media sosial. " Saya mengajak dan mengharapkan peran ibu-ibu kader PKK dan organisasi wanita yang ada agar senantiasa turut serta mensosialisasikan Program-program pemerintah" harap Artha.

Ketua Panitia Hari Kartini dan HKG PKK Kab. Jembrana Ni Made Ari Sugiati mengatakan Tujuan dari Pelaksanaan Hari Kartini adalah meningkatkan kualitas hidup sehingga menjadi perempuan yang mandiri, guna menunjang pembangunan Keluarga dan Negara. sedangkan tujuan Hari Kesatuan Gerak PKK adalah Memasyarakatkan Gerakan PKK dari oleh dan untuk masyarakat, meningkatkan Pemahaman segenap jajaran tim penggerak PKK masyarakat dan seluruh komponen bangsa. serta meningkatkan motivasi dan Kesadaran kader TP PKK dan kader PKK untuk melaksanakan program-program PKK.

Rangkaian dari peringatan kedua hari besar ini sebelumnya juga telah di meriahkan dengan berbagai lomba seperti lomba paduan suara, lomba Posyandu tingkat Nasional,Lomba busana Kartini diikuti oleh siswi SMA/SMK se Jembrana, dan lomba Busana Kartini oleh GOW kab. Jembrana

Peringatan yang Turut dihadiri Kapolres Jembrana AKBP Djoni Widodo, Ketua Pengadilan Negeri Negara Ibu Dameria Frisella Simanjuntak, SH., M.Hum. Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana Gde Gunadnya, para Kepala SKPD, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Jembrana, Pimpinan GOW dan LSM Wanita ini diisi dengan Pemotongan Tumpeng dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba serta penyerahan bantuan kepada siswa miskin berprestasi. (dre.hmj)

Kembali