SAMBUT HARDIKNAS TELUK GILIMANUK DIBERSIHKAN

PGRI Jembrana mempunyai cara khusus untuk menyambut turunnya hari pendidikan nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Organisasi guru di Jembrana melakukan aksi bersih-bersih teluk Gilimanuk dengan mengerahkan seluruh anggotanya serta siswa siswi SMP dan SMA sekecamatan Melaya.Kegiatan ini dipusatkan di sekitar museum purbakala sertaTaman Patung Siwa yang menjadi destinasi wisata baru diGilimanuk, jumat pagi (28/4). Acara ini juga dihadiri Bupati Jembrana I Putu Artha, Ketua DPRD I Ketut Sugiasa sekda Jembrana Gede Gunadnya serta puluhan pejabat dilingkup SKPD Pemkab Jembrana.

Aksi bersih –bersih ini dimulai tepat pukul 06.30 dengan memunguti sampah-sampah plastik sepanjang pantai serta membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh sekitar taman dan areal museum. Ketua PGRI Jembrana , Made Gunada mengatakan dipilihnya teluk Gilimanuk yang lokasinya berdekatan dengan patung siwa dan museum purbakala karena tempat ini merupakan salah satu obyek wisata yang perlu dikembangkan . Selain bersih bersih, ada unsur edukasinya juga mengenal potensi pariwisata yang ada di Jembrana bagi siswa. Menurutnya kegiatan ini diikuti sekitar 700 anggota PGRI serta siswa sekolah setempat. “ selain aksi bersih-bersih ini, kita juga rencanakan menggelar seminar bahaya HIV/AIDS serta pengetahuan tentang human trafficking khusus menyambut Hari Pendidikan Nasional, “terangnya.

Sementara itu Bupati Jembana I Putu Artha mengapresiasi kegiatan bersih-bersih Teluk Gilimanuk oleh siswa dan guru-guru yang tergabung dalam PGRI Jembrana. Dirinya menyebut, pemkab Jembrana dibantu pemerintah provinsi serta pusat tengah ini sangat fokus membenahi pariwisata dikawasan Gilimanuk. Hal ini dibuktikan dengan besarnya jumlah anggaran yang telah dikucurkan. Artha juga menjelaskan alasan dibenahinya Gilimanuk karena sebagai pintu selamat datang pulau Bali , wisatawan yang datang menilai belum mencirikan pariwisata Bali yang sebenarnya.

Karena itu mulai dari Gilimanuk sampai pengeragoan akan ditata, dilengkapi dengan rest area sampai anjungan cerdas guna mendukung pariwisata tersebut. “ Pemerintah sudah menyediakan fasilitas tinggal bagaimana masyrakat ikut menjaga ,memanfaatkan dengan baik dan ikut mempromosikannya. Selain itu Di Gilimanuk, juga ada museum purbakala yang sangat baik untuk study rekreasi , jadi tidak perlu jauh-jauh keluar,”ucap Artha dihadapan ratusan guru dan siswa yang hadir pagi itu. (abhi/humas)

Kembali