PERINGATI ULTAH KOTA NEGARA MASYARAKAT TUMPAH RUAH DI GKBK JEMBRANA

Ribuan masyarakat Jembrana mulai dari anak-anak hingga orang tua tumpah ruah di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana untuk memperingati hari jadi Kota Negara yang ke 121 tahun, Senin (15/8) pagi hingga siang. Bupati Jembrana I Putu Artha, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Jembrana serta pejabat struktural di lingkungan Pemkab Jembrana bergabung di tengah kerumunan masyarakat dan melakukan jalan sehat berhadiah bersama sejauh kurang lebih 6 (enam) kilometer dengan route seputar kota negara. Ribuan massa mengular memenuhi jalan Jendral Sudirman Negara hingga memasuki jantung kota Negara di Jalan Ngurah dan berakhir di GKBK Jembrana.

Sejumlah event digelar dalam peringatan Ulang Tahun Kota Negara ke 121, selain jalan sehat dengan hadiah utama sepeda motor, pada saat yang bersamaan juga digelar lomba mancing di kolam bantaran yang mengelilingi GKBK Jembrana. Selain itu adapula gemar makan ikan, pesta nasi jinggo, panjat pinang, termasuk lomba graffiti (melukis tembok) bantaran kolam GKBK yang dilakukan anak-anak pramuka Jembrana. Bahkan anggota TNI Batalyon Yonif 741 melakukan atraksi sulap di tengah kerumunan massa. Suasana peringatan kelahiran Kota Negara di GKBK senin kemarin benar-benar riuh dan sukacita. Terlebih artis Pop Bali Dek Ulik menghibur masyarakat dan pelawak Bali Sengap yang membuat masyarakat tertawa.

Bupati Jembrana I Putu Artha ditemui seuasi menyerahkan hadiah sepeda motor kepada seorang siswi SD dari Kelurahan Banjar Tengah yang beruntung, mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melupakan sejarah kelahiran Kota Negara. “ Kita harus menghargai dan menghormati pelaku-pelaku sejarah yang telah mendirikan Kota Negara, anak-anak bahkan orang tua wajib mengetahui bagaimana proses pendirian Kota Negara terjadi, jangan lupakan itu “ tegas Bupati. Sejarah tentang kelahiran Kota Negara yang dimuat disalah satu media cetak, diminta Bupati untuk dibaca dan berikan pada anak-anak maupun orang tua dirumah, supaya tahu perjalanan sejarahnya. Semua yang disebut dalam sejarah sangat berperan penting dalam memajukan Jembrana dengan ibukotanya Negara.

Lanjut Bupati Artha, pembangunan yang dilakukan sekarang merupakan kelanjutan dari program dan kebijakan pemimpin-pemimpin sebelumnya. “ Kami melanjutkan program dan kebijakan pemimpin terdahulu dengan tetap mengutamakan aspirasi masyarakat dan mengembangkan potensi Jembrana, apa yang kami lakukan saat ini adalah wujud perhatian kami kepada masyarakat, tdiak ada satupun yang diabaikan, hanya saja dilakukan secara bertahap “ jelas Artha. Usai mengikuti acara di GKBK, Bupati Artha, bersama Wabup Kembang dan Sekda Gunadnya juga melakukan aktifitas sosial dengan membesuk pasien kelas III dan pasien yang menjalani operasi bibir sumbing gratis kerjasama Pemkab Jembrana dengan Universitas Udayana di RSUD Negara.

Puncak peringatan HUT Kota Negara ke 121, yang dibranding dengan Jembrana Festival, pada sorenya diisi dengan kegiatan naik dokar bersama Bupati Artha bahkan artis nasional Syahrini juga ikut naik dokar, sebagai upaya untuk melestarikan sarana transportasi tradisional Jembrana.

Pada malam harinya, di GKBK Jembrana, masyarakat Jembrana juga diajak untuk memperingati bersama puncak peringatan HUT Kota Negara ke 121 tahun, sambil menyaksikan film Jembrana Kini dan Mendatang yang mengisahkan rencana besar pembangunan Jembrana. Tidak itu saja, pataka Lambang Daerah Kabupaten Jembrana yang sehari-harinya terpajang sakral dan kokoh didalam ruangan Bupati Jembrana, setiap peringatan dikeluarkan dan dibawa oleh pasukan pengibar bendera untuk diperlihatkan kepada masyarakat. Tari maskot Jembrana yaitu Cepaka Putih juga hadir di puncak peringatan. Hingga kemudian artis ibukota Syahrini yang ditunggu-tunggu masyarakat Jembrana, menghibur masyarakat Jembrana, dengan lagu-lagu hitsnya. (hmj)

Kembali